jump to navigation

Selamat Datang Khansa, Selamat Tinggal Sahira… Februari 23, 2011

Posted by Afra Afifah in Lembar Kehidupan.
Tags:
15 comments

“loh koq, namanya diganti”

“eh,bukannya namanya sahira ya? Ko jadi khansa?”

Yah, bgitulah kira-kira pertanyaan-pertanyaan yang masuk ke saya dan suami. Memang, awalnya kami beri nama anak kedua kami, Sahira Shalihah. Sahira…ayahnya suka sekali dengan nama itu. Seperti pemberiaan nama kakaknya, Khalid. Pemberiaan nama kali ini pun, harus saya dulu yang pilah-pilih dari berbagai sumber, barulah kemudian giliran ayahnya anak-anak yang menentukan nama yang pas, tentunya, setelah ada kesepakatan dengan bundanya, yaitu saya. Maka, disepakatilah nama anak kedua kami Sahira Shalihah. Namun, berjalan beberapa hari kemudian. Layaknya nama baru, banyak teman-teman dan keluarga bertanya kepada kami, apakah artinya? Kami pun menjawab: Sahira “memikat hati” Tapi, alhamdulillah kami dikelilingi oleh sahabat dan teman-teman yang baik dan mengerti dien serta bahasa arab. Sempat terjadi perbincangan mengenai asal usul nama”sahira” di antara teman-teman kami, yang nama tersebut ternyata serumpun dengan “penyihir”, “sihir” dan sejenisnya. Astagfirullah.

Jujur aja, sediiiihhh bangeeett rasanya mengganti nama anak kami, karena sudah memanggil-manggil dia dengan panggilan “sahira”, tiba-tiba diganti rasanya seperti ada yang hilang 😥 sampai akhirnya saya baca kalimat terakhir dalam tulisan ini, yang berbunyi :

“Names carry meanings, as it is said, and everyone is influenced by his name.

So we are required to choose good names that have meanings.

And Allaah knows best.”

Padahal awalnya, saya sudah baca berkali-kali fatwa tersebut, dan tetap “ngotot” untuk tidak merubah seluruhnya nama anak kedua kami, paling tidak, tadinya sahira, dirubah menjadi shahira shaliha, tapi entah kenapa..akhirnya mata saya tertuju pada tiga baris terakhir tulisan tersebut, dan bismillah…saya punya kekuatan untuk mengganti nama anak kami yang harus segera diganti karena saat itu tepat hari aqiqahannya.

Alhamdulillah, nama baru pun kami berikan, yang memang, sebelum nama sahira shalihah ditetapkan, nama Khansa Kazhima sudah menjadi calon kuat nama adiknya Khalid : ) Khansa diambil dari nama Sahabiyah, Alkhansa binti Amru, ibu para Syuhada, bisa juga arti sebenarnya “wanita yang berhidung mancung” dan Kazhima, dari “kazhimah” yang artinya, orang yang mampu menahan amarah.

Dan kini, kami sudah terbiasa dengan nama Khansa, yang awalnya, aneh sekali memanggilnya dengan Khansa, padahal sebelumnya Sahira :’). Sekarang, jadi asing dengan nama Sahira ^^

Selalu ada hikmah dari setiap kejadian. Dan hikmah yang bisa diambil dari yang kami alami adalah:

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.”

(Al-Baqarah: 216)

Iklan

Stylish Blogger Award Februari 17, 2011

Posted by Afra Afifah in Lembar Kehidupan.
10 comments

tanggal 2011/02/10 pukul 9:51 pm yang lalu, ada komentar yang masuk ke blog saya di tulisan saya yang berjudulMy Graduation Day~! :)” . Bgini isi komennya:

Barakallahu atas kelulusannya..
Tetik kapan yach..hemmm..

Mbak ada award buat mbak afra, diambil ya >_<”

Dari: Invincible Tetik
tetikfirawati.wordpress.com

Eh?award lagi? Pikir saya setelah mendapatkan komentar tsb,hehehe

Udah lama juga “ga main” award2an heheh :mrgreen:

Terakhir “main” award2an n sejenisnya itu, tahun 2008, wow!! Waktu cepat sekali berlalu…

Beberapa posting sebelumnya yang sejenis yaitu: Dapet THR (Tugas Hari Raya) Oktober 1, 2008, Diary Hujan Dapat Award Oktober 24, 2008, dan My Friends~! Desember 2, 2008.
Ok, mari kerjakan tugasnya :mrgreen:

1. Thank and link to the person who awarded me this award.

Trimakasih untuk Tetik yang udah ngasi award ke saya^^ hehehe jadi bkin saya bernostalgia lagi neh 😀

2. Share 8 things about myself

  • Belum bisa nyetir mobil 😛 (dan salah satu keinginan saya dari dulu, pengen bisa nyetir mobil, biar bisa bantu banyak orang dan gak mengandalkan orang lain, prinsip yang sama yang saya pegang ketika ingin blajar mengendarai motor dulu) yah, tapi sampai sekarang belum kesampaian hehehe, tapi saya YAKIN, suatu saat saya PASTI BISA!!!inshaAllah
  • Jaman SMA en kuliah dulu, addict banget sama warna HIJAU, tapi setelah mengenal SOFYAN NUGRAHA,alias suami saya 😛 entah kenapa udah ga addict lagi, yah gara-gara dulu pas awal-awal nikah, doi “ngakunya” suka warna ungu 😛 hehehe piss ya a’ :mrgreen: yup, tapi seneng juga jadi suka banyak warna sekarang hehehe
  • Memakai kacamata sejak SMP, dan dulu sering ‘dikatai’ “Betty La Fea” oleh teman2 oohh goshhh!! Ya jujur aja dulu emang keseringan saya ga suka dengan model kacamata saya,jadul abis!! 🙄
  • Beberapa kali mengalami kecelakaan motor, dan u know what? Mostly, terjadi waktu HUJAN…tapi, bukan berarti saya jadi benci hujan, tidak. Hanya saja, saya jadi lebih berhati-hati berkendara kala hujan (harus!)
  • Pertama kali naik kereta waktu awal kuliah, dan sampai sekarang, belum berani pergi kemana-mana naik kereta, sendirian 😛 ditambah lagi, pernah nyasar naik kereta (padahal bareng temen), mau ke Depok (kampus) eh lhah, malah masuk jurusan BEKASI 😛 untung “nyadar” sebelum nyampe bekasi.. tepatnya di klender, jakarta timur, baguss sekalii 😛
  • Pengen banget jadi backpacker, dan jalan-jalan ke luar kota en kluar negri bareng suami n anak2 (tapi ya,berarti kudu nunggu beberapa tahun lagi, nunggu anak-anak gede dulu 😀 ) inshaAllah.
  • Pernah ditilang polisi waktu SMA, selagi ada ‘pemeriksaan’, dan disangka laki-laki, karena pas saya buka helm, salah satu polisi mengatakan “lah perempuan thoh” dan saya pun menangis tersedu-sedu karena kena TILANG uhuhuhu, dan para polisi pun kebingungan hahahah , terdengar dari percakapan mereka:”eh nangis tuh..gimana nih?” polisi yang lain bilang:”namanya juga cewek” GUBRAK!!ya penyebabnya gak lain karena saya belum punya SIM dan STNK motor belum diperpanjang pluss waktu itu sedang dikejar waktu untuk datang ke sekolah karena ada acara bulan bahasa, yang mewajibkan kami nonton drama di gedung RRI.
  • Sejak kecil sampai sekarang, sering banget disangka orang arab or keturunan arab (keturunan arab dari nabi Adam kali ya 😛 ) hehehe. Padahal saya keturunan minang n betawi. Jadi sering bertanya: kenapa??

3. Pay it forward to 8 bloggers that i have recently discovered.

Dannn.. award ini pun saya lanjutkan kepadaaaa (dug dug dug! Suara bedug *loh*) :

4. Contact those blogger and tell them about their awards.

Ok~!:)

nb: sebenernya bingung, hubungan award “stylish blogger award” ini sama 8 fact about me, apa yah?:P

My Graduation Day~! :) Februari 8, 2011

Posted by Afra Afifah in Lembar Kehidupan.
Tags: , ,
16 comments

Setelah melewati masalah birokrasi kampus yang berbelit-belit…Akhirnyaaa, saya bisa lulus kuliah juga :mrgreen: Alhamdulillah…Sebenarnya, saya sudah lulus terhitung 25 juni 2010 tahun lalu, tapi karena saya mengumpulkan revisi skripsi blakangan, wisudanya pun baru terlaksana hari sabtu, 5 februari 2011 kemarin 🙂 alhamdulillah’alakullihal 🙂

Eh, tapi bukannya wisuda S1, saya malah “udah wisuda tingkat master, alias S2” hahaha ga dink :p hal ini gara-gara saya yang baru membuka seragam wisuda dari rektorat pas di hari H wisuda. Ketika melihatnya, loh koq, ini stripnya ada 2? hahaha well, anggap aja itu seragam khusus buat anak S1 yang udah punya 2 anak, kata suami 😛

Alhamdulillah bisa lulus tepat waktu dan telah dikaruniai suami dan anak-anak tercinta… 😥