jump to navigation

Selamat Datang Khansa, Selamat Tinggal Sahira… Februari 23, 2011

Posted by Afra Afifah in Lembar Kehidupan.
Tags:
trackback

“loh koq, namanya diganti”

“eh,bukannya namanya sahira ya? Ko jadi khansa?”

Yah, bgitulah kira-kira pertanyaan-pertanyaan yang masuk ke saya dan suami. Memang, awalnya kami beri nama anak kedua kami, Sahira Shalihah. Sahira…ayahnya suka sekali dengan nama itu. Seperti pemberiaan nama kakaknya, Khalid. Pemberiaan nama kali ini pun, harus saya dulu yang pilah-pilih dari berbagai sumber, barulah kemudian giliran ayahnya anak-anak yang menentukan nama yang pas, tentunya, setelah ada kesepakatan dengan bundanya, yaitu saya. Maka, disepakatilah nama anak kedua kami Sahira Shalihah. Namun, berjalan beberapa hari kemudian. Layaknya nama baru, banyak teman-teman dan keluarga bertanya kepada kami, apakah artinya? Kami pun menjawab: Sahira “memikat hati” Tapi, alhamdulillah kami dikelilingi oleh sahabat dan teman-teman yang baik dan mengerti dien serta bahasa arab. Sempat terjadi perbincangan mengenai asal usul nama”sahira” di antara teman-teman kami, yang nama tersebut ternyata serumpun dengan “penyihir”, “sihir” dan sejenisnya. Astagfirullah.

Jujur aja, sediiiihhh bangeeett rasanya mengganti nama anak kami, karena sudah memanggil-manggil dia dengan panggilan “sahira”, tiba-tiba diganti rasanya seperti ada yang hilang😥 sampai akhirnya saya baca kalimat terakhir dalam tulisan ini, yang berbunyi :

“Names carry meanings, as it is said, and everyone is influenced by his name.

So we are required to choose good names that have meanings.

And Allaah knows best.”

Padahal awalnya, saya sudah baca berkali-kali fatwa tersebut, dan tetap “ngotot” untuk tidak merubah seluruhnya nama anak kedua kami, paling tidak, tadinya sahira, dirubah menjadi shahira shaliha, tapi entah kenapa..akhirnya mata saya tertuju pada tiga baris terakhir tulisan tersebut, dan bismillah…saya punya kekuatan untuk mengganti nama anak kami yang harus segera diganti karena saat itu tepat hari aqiqahannya.

Alhamdulillah, nama baru pun kami berikan, yang memang, sebelum nama sahira shalihah ditetapkan, nama Khansa Kazhima sudah menjadi calon kuat nama adiknya Khalid : ) Khansa diambil dari nama Sahabiyah, Alkhansa binti Amru, ibu para Syuhada, bisa juga arti sebenarnya “wanita yang berhidung mancung” dan Kazhima, dari “kazhimah” yang artinya, orang yang mampu menahan amarah.

Dan kini, kami sudah terbiasa dengan nama Khansa, yang awalnya, aneh sekali memanggilnya dengan Khansa, padahal sebelumnya Sahira :’). Sekarang, jadi asing dengan nama Sahira ^^

Selalu ada hikmah dari setiap kejadian. Dan hikmah yang bisa diambil dari yang kami alami adalah:

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.”

(Al-Baqarah: 216)

Komentar»

1. Abu Umar - Februari 23, 2011

Hoo… Jdi bgtu ceritanya. Jujur, saya juga baru tau klo Sahira itu serumpun dengan “penyihir”.

Btw, ada semacam “ketentuan” kah untuk penentuan nama anak dari keluarga Pak Sofyan ini? Klo saya sama istri sepakat untuk memberikan nama anak-anak diambil dari nama sahabat/sahabiyah. Sempet ada rencana untuk mengambil nama Khalid juga saat itu… :p

Btw, apapun itu, yg penting anak-anak kita dapat doa terbaik dari kedua orang tuanya ya…

ga ada ketentuan..hehe.. huruf “Kha” didpan hanya kbetulan ^^

2. hayla - Februari 23, 2011

Khansa juga bagus ko fra.. Malah mnurutku khansa lebih bagus dr sahira..
Pilihan yg bagus sist..🙂

alhamdulillah ^^ thanksss*HUG*

3. Encang Irul - Februari 23, 2011

eh fra.. inget tak ane bikin syair buat khansa juga? klo gak salah br 3 baris.. ane mo lanjutin cm ane lupa yg dah ditulis.. hehe.. coba tulisin lg sinih klo mo ane terusin…🙂

lupa jg dsimpen dmn note nya huhuhu..bikinin lg dah!

4. muslimmuda - Februari 26, 2011

Nama itu doa. Setidaknya mbak telah mengganti satu doa yang baik ke doa lain yang juga baik. Semoga kedua doa itu makbul. Amin🙂

aamiin yarabbal’alamiin

5. efullhanggono - Februari 26, 2011

bagus mba, namanya.🙂

trimakasih : )

6. Dina - Maret 2, 2011

assalaamua’alaykum Khansa… *Kiss*kiss*

wa’alaikumussalam warohmatullah ammah dina.. cup cup😀

7. Alris - Maret 5, 2011

Wajar aja diganti, bukankah kita selalu mencari yang terbaik? Salam

benar sekali~! : )

8. susisetya - Maret 25, 2011

aku pernah ngalamin
hal yang sama mbak, tapi alesannya karena ankku sakitan para orang tua menyarankan nama anakku diganti, awalnya aku keberatan aku merasa gak ada hubungannya nama sama anak sakit tapi suami berhasil ngebujuk, dan sekarang bergantilah nama annku semoga inilah yang terbaik…

aamiin..insyaAllah ^^

9. vanilaeru - Maret 25, 2011

Khansa, khansa..

semoga bisa menjadi orang dapat menyihir sekitarnya menjadi lebih baik..
tentunya bukan dengan “sihir” tapi dengan ilmu dan akhlak🙂

surprise nemu catatan ini, saya juga baru posting dan mengambil ayat yang sama untuk posting saya. salam kenal mbak afra

aamiin..jazakillah khayran ats doanya🙂 slam knal kembali🙂

10. langit11 - Maret 28, 2011

salam ummu khansa…mg khansa tumbuh mnjd shalehah, kuat, dan cerdas. amiin ^^

aamiin ya rabbal’alamiin🙂

11. Ully - April 8, 2011

Assalamu’alaykum wr wb

Salam kenal, mbak Afra ^_^
Lagi browsing2, nemu blog yang adem (hujan) ini..^_^

Wah, salah satu alternatif nama anak kedua saya (masih dipeyut) kalau perempuan juga Khansa, diambil dari shahabiyah Al Khansa juga. Tapi karena prediksinya laki2, jadi sepertinya ditunda dulu ^_^

Sekali lagi, salam kenal ^_^

wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh..
salam knal kembali ukhty ully ^^ smg dlancarkan persalinannya ya🙂

12. ummuyusufabdurrahman - April 18, 2011

assalamu’alaikum warohmatulloh wabarokatuh..

wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh : )

udah cukup lama ana ngga berkunjung ternyata sudah banyak cerita yang tertulis, termasuk kelahiran buah hati anti yang kedua..
barokallohufykum buat anti dan keluarga, smoga khansa bisa menjadi anak sholihah yang membawa berkah kebaikan bagi kluarga dan umat

aamiin wa fikum barakallah🙂

waa.. namanya sama dengan anak ana, beda nama belakang aja ^_^
kalo ana dulu bingungnya apakah ditulis dengan khansa or khonsa, karena secara kaidah bahasa arab yang benar adalah dengan “kho”, sedangkan udah menyebar di keluarga dan pada manggil khansa
akhirnya ana tulis di akte dengan khansa, utk panggilan terserah mau khansa or khonsa🙂

wah samaan ya kak hihihi..aku manggilnya juga “khonsa” koq ka:mrgreen:

13. ArsipFank - Oktober 28, 2013

Heumhhh,kalau saya numpang mngukuhkan sajamdari pribadi saya lebih suka dan mendukung nama pengganti yang ke 2 “khans Khzimah”. Semoa jadi anak shlihah ,amin!

14. ratna runtuh - Juli 17, 2015

mbak kl zahirah apa maknanya sama kah sm sahira? coz nama anakq Reihanun Zahirah Rahma yg artinya berkilau(Zahirah). apa sdh bnr begitu mbak? mohon pencerahannya, makasi…

Afra Afifah - Agustus 16, 2015

saya kurang th tp sptnya kmungkinan besar beda mba ^^ wallahu a’lam bs dtanyakan langsung ke ustad ya^^


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: