jump to navigation

Enaknya Nikah Muda~!:) Januari 6, 2011

Posted by Afra Afifah in Afra Punya Opini.
Tags:
trackback

Banyak teman-teman yang bertanya ke saya, “gimana fra, nikah enak gak?” Dan selalu saya jawab, “yaa smua tergantung dengan siapa kamu menikah”🙂 nah lhoo😀 Yup, saya menjawab sejujur-jujurnya koq😉 maka dari itu, jangan sampe deh salah pilih pasangan ;)  karena tentunya kita mau menikah sekali saja seumur hidup kan? Sampai ajal menjemput, insyaAllah. Pilih baik-baik, seleksi baik-baik siapa yang akan menjadi pasangan hidupmu nanti. Seseorang yang akan menemanimu, di dunia dan akhirat nanti, insyaAllah…

Karena Alhamdulillah saya menikah muda, dan memang karena ingin menikah muda, hehe. Maka saya ingin berbagi rasa nih, enaknya nikah muda😉 (aihhh)😛 :

  • Saya sudah menyempurnakan setengah Dien saya, sedari muda. Alhamdulillah. Dulu saya berfikir, gimana ya..kalau Allah sudah ‘memanggil’ saya, tapi setengah dari agama pun belum saya raih..? Tentu saya takut, sedih dan malu kepada-Nya jika hal itu terjadi..meski takdir stiap manusia sudah di tentukan oleh-Nya. Tapi, manusia diwajibkan untuk berusaha, maka dari itu, saya harus berusaha menggenapkan setengah agama saya, sedini mungkin.

  • Mendapat sahabat yang paling setia, pembimbing, dan juga penghibur di kala sedih, penyemangat di kala semangat sedang surut, dan pengingat di kala berbuat lalai dan salah. Itulah suami. Tentu saja suami yang shalih.

Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi pelindung (penolong) bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan mereka taat kepada Allah dan Rasulnya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah ; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana (Qs. At Taubah (9) : 71)


  • Jarak umur antara kita dan anak-anak kita tidak terlampau jauh. Itu juga yang menjadi alasan saya untuk menikah muda, selain jarak umur yang tidak terlampau jauh, merawat anak dan mendidik anak di kala muda adalah waktu yang terbaik. Karena dari segi fisik, tenaga dan pikiran, masih “fresh”.

Saling menikahlah kamu, saling membuat keturunanlah kamu, dan perbanyaklah (keturunan). Sesungguhnya aku bangga dengan banyaknya jumlahmu di tengah umat yang lain (HR. Abdurrazak dan Baihaqi).

  • Prioritas hidup sudah dibangun sejak dini. Mungkin, kalau saat ini saya belum menikah, setelah lulus kuliah saya akan kebingungan, antara kerja dan menikah. Jika jodoh belum kunjung datang, maka bisa jadi saya terpaksa untuk bekerja di perkantoran. Menjadi karyawan swasta atau pemerintah, yang harus pergi pagi, dan pulang di petang hari. Sungguh suatu pekerjaan yang paling tidak saya inginkan. Tapi, jika belum menikah, bisa saja pekerjaan tersebut terpaksa saya pilih, mengingat status saya yang anak sulung dari 6 bersaudara. Adik saya banyak dan saya merasa memiliki tanggung jawab lebih untuk membantu mereka. Sekarang, karena sudah menikah sebelum lulus kuliah, saya bisa membangun prioritas dan rencana kehidupan saya kedepannya. Karena saya menyenangi bisnis, saya bisa memulai bisnis sedini mungkin. Tidak ada bisnis yang instant, smua mesti dibangun dari bawah, dari nol. Mengalami jatuh dan bangun. Dan itu yang sudah saya bangun dari sekarang. Faktor adanya anak pun membuat saya lebih memikirkan jika ingin jajan, atau belanja barang ini dan itu. Jika masih single? Bisa saja uang tersebut sering saya hamburkan untuk jajan, ke salon, dsb. Karena belum ada tanggungan, dan sesuatu yang harus dipikirkan. Selain adik-adik tentunya.

“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. JIKA MEREKA MISKIN ALLAH AKAN MENGKAYAKAN MEREKA DENGAN KARUNIANYA. Dan Allah Maha Luas (pemberianNya) dan Maha Mengetahui.” (QS. An Nuur (24) : 32).

  • Jika ingin pergi ke luar kota, dan tempat-tempat yang ingin saya kunjungi. Kebetulan saya orang yang suka jalan-jalan hehe, Alhamdulillah kini bisa ditemani oleh suami.
  • Seseorang yang saya cintai dan mencintai saya, ada di dekat saya. Saya halal untuknya dan dia pun halal untuk saya. Tidak perlu sembunyi-sembunyi untuk menelfon karena rindu, tidak perlu sembunyi-sembunyi karena ingin berduaan, tidak perlu malu bila ingin bergandengan tangan. Dan tentunya, tidak perlu takut dosa karena berpacaran, karena smuanya sudah halal dan berbuah pahala. Alhamdulillah.

“Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, janganlah ia bersunyi sepi berduaan dengan wanita yang tidak didampingi mahramnya, karena yang menjadi pihak ketiganya adalah syaitan.” (HR. Ahmad)

dan “Sungguh kepala salah seorang diantara kamu ditusuk dengan jarum dari besi lebih baik, daripada menyentuh wanita yang tidak halal baginya” (HR. Thabrani dan Baihaqi)

  • Hati saya tentram karena sudah menemukan qowwam bagi saya dan anak-anak saya.

Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.

(Qs. Ar. Ruum (30) : 21)


  • Saya bisa mudik lebaran ke luar kota, yeay!! Hehehe. Karena ibu saya orang betawi (yang tentunya mayoritas tinggal di jakarta, dan ayah saya orang minang yang-kebetulan- juga sbagian besar kluarga sudah pada hijrah ke Jakarta. Maka saya sering bosan di kala lebaran tiba, hehe. Ingin sekali rasanya merasakan mudik ke kampung halaman, di luar kota. Tidak mesti jauh-jauh, dari dulu keingingan saya memang kampung di Jawa Barat saja. Alhamdulillah kampung itu tidak terlalu jauh, hanya butuh kurang lebih 4 jam untuk kesana, Garut namanya:mrgreen:
  • Dengan menikah muda, saya belajar sedari dini menyelesaikan masalah-masalah yang saya hadapi bersama suami dan keluarga. Dan proses itu, membuat saya untuk semakin belajar dewasa, Alhamdulillah

Dan masiiihh banyak lagi enaknya nikah muda:mrgreen: Eits, tentu saja nikah muda ada ngga enaknya juga lhoo. Yah namanya juga hidup. Mau status kita sebagai anak, ketika jadi istri, jadi orang tua, smua, pasti ada engga dan enaknya toh. Orang kaya di uji Allah, orang miskin di uji Allah. Orang baik di uji Allah, orang jahat pun di uji oleh Allah. Sungguh Allah Maha Adil, tinggal bagaimana kita menyikapinya bukan?🙂

Tapi, sekali lagi.. jangan asal nikah muda lho yaa😉 persiapkan diri baik-baik, pilih pasangan yang terbaik, seleksi baik-baik, karena faktor-faktor tersebut juga bisa menentukan kebahagiannmu ketika menjalani pernikahan sedari muda🙂 Wallahu a’lam bish-shawab

~*Afra Afifah*~

Jagakarsa, 7 Januari 2011

[kapan ya kontraksinya?😀 ]

Komentar»

1. Miftahul Jannah - Januari 6, 2011

cieeee prikitiew yg nikah muda, waduh fra jangan nyindir aku yang kerja pergi pagi pulang petang penghasilan pas-pasan *halah :p, wekekekek

wah maap ka gag maxud nyindir😛

2. Abu Umar - Januari 7, 2011

Kadang2 memang bosan juga ya di Jakarta terus. Saya juga ingin “menyingkir” tahun depan, tapi mungkin gak jauh2 dulu. Susah ke tempat kerjanya nanti…😛

Menyingkir ke pinggiran Depok aja, yg masih bisa terasa kondisi “kampung” nya. Walau tetep kerasa macet di sini…:mrgreen:

Btw, semoga diberikan kemudahan dan keberkahan dalam proses persalinannya…

aamiin…jazakallahu khayran

3. Fadly Furqon - Januari 7, 2011

salam kenal ya kak, teh, mba, bu .. hehe
saya juga kepingin nikah muda .. tapi mau lulus kuliah dulu .. maklum pria sebagai tulang pungung keluarga jadi harus punya persiapan yang matang ..
tapi kepingin nikah mudaa😀

salam knal kembali ya..
oh iya..kan bs nikah stlh lulus kuliah yaa..persiapannya mesti dr skrg dunk : )

4. Novi Oktaviana Sari - Januari 7, 2011

iya fra..gw jg pgn fra..gw sk postingannya..
smg bs jd pnyemangat tmbhn..

aamiin : ) ayo smangat tavii!!😀

5. MeyBengkulen - Januari 8, 2011

tp jgn asal nikah muda loh ya. hihi bner bgt kalimat ini mb.

salam kenal dr sy,

mhon do’a jg atas kabar duka di http://kakmila.wordpress.com/2011/01/04/semangat-sembuh-untuk-sausan/

salam knal jg ya mbaa.. smg sausan dberi ksembuhan..aamiin

6. akhangga - Januari 12, 2011

terimakasih linknya
nice article
blog ant mungkin akan jadi lebih menarik lagi dengan ditambahi flag counter (biar tahu dari negara mana ja yang mampir)
bisa lihat triknya di link nie
https://enkripsi.wordpress.com/2010/11/30/memasang-flag-counter-di-blog-wordpress/

wah trimakasih ya^^

7. faathimatu - Januari 13, 2011

aku suka tulisan ini🙂
semoga..semoga, hehe

thanks dear,. amiin!:)

8. ummu sakinah - Januari 14, 2011

iya fra so far nikah muda enak2 aja😉 mungkin karna diridhoi Allah (pacaran sebelum nikah kan dosa)
gak enaknya kalo aku mungkin suka berantem-ngambek2an ala ABG ya maklum masih muda kan ummumnya emosi masih labil, tapi kalo dah baean jadi tambah romantis🙂 tul gak fra

kalo dah lahir adeknya khalid sms yach, mau liat newbornbaby bangget neyy

hehehe betul banggeds li😀
alhamdulillah leli udh dtg d aqiqahan khansa yaa^^

9. irmarch - Januari 16, 2011

Bundo mudo ini akhirnya menyudahi penantiannya… Lahirlah Sahira Shalihah…

Hmm… Hmm… Insya Alloh ndak ada lah Fra yang asal nikah. Tapi namanya taqdir, kita nggak pernah tau apa yang akan terjadi… Yang penting husnuzhon bahwa taqdir masing-masing orang nggak akan ketuker.

Bener ya Fra, tiap keadaan itu ujian. Semua kebahagiaan dan kesuksesan seseorang terjadi karena izin Alloh, bukan semata usaha seorang manusia.

Betewe, ini ada tulisan tentang bergandengan tangan, hehehe… http://bit.ly/gdaCph

yup btul sekali teh : )

10. kholilah - Januari 16, 2011

aku mudaaa endak yaaaa….??🙄

hihihi😀

11. Fathia - Januari 19, 2011

Aaaa.. pingin.. :p Kok aku kayak kak afra ya, udah ‘nyicil’ dari sekarang. Apakah ‘cita-cita’ ini akan tercapai, allahu a’lam, tapi semoga.. aamiin..🙂

inshaallah de..smoga dmudahkan ya syg🙂

12. wits - Januari 21, 2011

Jadi tersentuh baca artikelnya mbk. selamat deh udah menemukan pasangan jiwanya. salam kenal..

makasi ya:D salam knal kembali🙂

13. light brown contacts - Januari 26, 2011

wah jadi pengen pengen cepet nikah ne setelah baca artikelnya, nice inpoh gan😀

ayoo buruann!!:D

14. putri setiani - Januari 29, 2011

eh, saya juga orang garut, suami saya orang jagakarsa. hahaha, kebalikan..
tapi nikahnya ngga muda2 amat sih, umur 23, lumayan lah ya.. hihi😀

salam silaturahim🙂

wah ko bs kbalikan gitu ya?hehe jagakarsanya mana?:D
salam knal ya mba ^^

15. Watch Raising Hope - Februari 8, 2011

Ya enak banget tuh emang nikah muda, jadi kepingin aq..!

sok atuh^^

16. qqiute - Februari 8, 2011

saya belum diijinkan nikah muda sama ortu ni🙂

alasannya apa tu klo bole th?:D

17. anifah - Februari 13, 2011

alhamdulillah alahkah bahagianya…jadi pengen cepet ngerasain jadi istri dan ibu muda..hahai….

ayuks cepetan~!:) salam knal ya, anifah😉

18. putri setiani - Februari 14, 2011

jagakarsanya yg saya hafal daerah jalan kebembem, lebih tepatnya ngga tau😀
jalan2 kecilnya banyak banget, nggak hafal2, hehe

saya malah ga th jalan kebembem itu dmn hehhe

19. karisma - Februari 16, 2011

salam kenal.. an juga nikah muda,.. n semoga juga Allah menghendaki supaya bs merasakan bgmn menjadi Ibu Muda.. ^^

aamiin : ) slam knal juga^^

20. arashi kensho - Februari 22, 2011

jd pingin buru2 nikah nih…..

alhamdulillah : )

21. daiyah khoirunnisa - April 8, 2011

Nice article mbak… Saya ijin copy foto paling atas ya??? boleh?

boleh..asal mencantumkan sumber gambar🙂 maxudnya gambar kaki saya dan suami kan?hehehehe

22. Cinta - April 9, 2011

yah saya trkat sm kontrak dr suatu instansi untuk nyelesain kuliah dl baru nikah mb.,. but.,.it’s amazing and wonderful article.,^_^

smoga dmudahkan jalan mnuju pernikahan ya ukht.. : )

23. jasmineamira - Mei 9, 2011

*iri* hehehhe😀

smg bs cpet nyusul jg yaa🙂 aamiin

24. putri - Mei 16, 2011

saya jg ingin menikah muda. tp blm ada jodoh.😦

smg dmudahkan jodohnya yaa…aamiin

25. Aprodhita Kusumaningtyas - Mei 20, 2011

Afra,,,I love u………….

sebenernya udah tau enaknya dari belasan tahun lalu,,,tapi qodarullah baru ketemu jodonya sekarang……

love you too kak ^^

alhamdulillah udh ktrmu ya kaa : )

26. miyosi - Juni 21, 2011

alhamdulillah, ikut seneng, smoga jadi kluarga samara ya😀

aamiin🙂 makasi ya ^^ jazakillah khayran

27. Lea Olivia - Agustus 14, 2011

Salam kenal Mbak,

Hoho, apa yg mbak paparkan soal keuntungan nikah muda, adalah juga apa yg saya jadikan alasan ingin menikah muda, namun Alloh belum pertmukan saya dengan jodoh saya nih, mohon do’anya yah mbak, biar bisa nyusul mbak Afra😀

28. Gerizal - Januari 10, 2012

Menikah di usia muda terkadang menimbulkan banyak pertanyaan atau dugaan. Sebagian menuduh mereka yang nikah muda pasti MBA (Marriage By Accident) alias hamil duluan. Padahal belum tentu juga. Banyak yang menikah di usia muda karena itu memang sudah menjadi keinginan bukan keterpaksaan. Terpaksa karena keadaan (sudah hamil) atau terpaksa karena dijodohkan.

Tujuan pernikahan bukan hanya demi untuk mendapatkan kesenangan seksual atau melampiaskan hasrat seksual, karena manusia bukanlah hewan yang hanya memiliki kebutuhan fisik/biologisnya (makan, minum dan bersetubuh), sementara manusia berbeda karena dikaruniai Allah dengan hati atau perasaan dan akal dimana keduanya memiliki hak pula untuk hidup dan diberi “makan”.

Oleh karena itulah mendapatkan kesenangan seksual dan melampiaskan hasrat seksual bukanlah tujuan tetapi hanyalah sebuah efek yang bertujuan untuk menyatukan hati dan pikiran sepasang anak manusia yang berlainan jenis dan memutuskan untuk hidup bersama dan berbagi kesenangan maupun duka bersama. Seks bukanlah tujuan melainkan hanya sebuah media untuk mengekpresikan cinta dimana perkawinan membuatnya agar tetap berada dalam kesucian.

Memperoleh keturunan pun bukanlah sebuah tujuan utama akan tetapi sebuah buah dari cinta dan perkawinan dimana kehadiran seorang anak akan semakin mempererat hubungan cinta dan kasih sayang diantara mereka berdua.

Jadi menikah adalah sebuah kebutuhan bagi setiap manusia. Kalau kita sudah siap menikah di usia muda, kenapa harus menunda. Alasan menikah di usia muda ada beberapa yaitu:

1. Godaan untuk para pemuda saat ini jauh lebih berat dibandingkan dengan di masa lalu.
2. Memperbanyak kebaikan dan meminimalkan kemaksiatan.
3. Agar hidup lebih terarah dan produktif.
4. Mempersiapkan generasi yang lebih baik.

Sementara, sebagian diantara kita terpengaruh oleh budaya barat yang tidak lagi mementingkan pernikahan. Padahal coba perhatikan fenomena di negara-negara barat saat ini:

1. Penduduknya lebih banyak yang berusia lanjut daripada yang berusia muda (piramida terbalik).
2. Para pemudanya tidak mau menikah dan punya anak.
3. Mereka lebih senang hidup bersama tanpa ikatan.
4. Mereka melegalkan prostitusi untuk memenuhi kebutuhan seksual.

Apa yang akan terjadi nanti di negara barat sana 10 atau 20 tahun ke depan? Kalau bisa melakukan kebaikan hari ini, kenapa harus menunggu esok hari. Segeralah melaksanakan apa yang anda bisa lakukan karena esok belum tentu kita masih ada. Jangan menunda!

waw..keren komennya..panjang sekalii hehehe.. trimakasih ya ^^

29. pondoksakinah - Januari 11, 2012

–> jalan2 k diary hujan ahhh….

cie…. nikah muda…. uhuyy…. ^^
alhamdulillaah…. Alloh memudahkan qt menggenapkan separuh diin. dan smoga Alloh menambah keberkahan pada kluarga qt smua. aamiin ^^
Alhamdulillaah aq bs nikah lebi muda setaon dari yg d’targetkan waktu jaman2 ababil duluw :p
Walopun nda dipungkiri dulu [pernah] punya kepengenan bwt nikah di usia yg [lebih] muda. Qoddaarolloh, ternyata terealisasi ‘n d’acc-ny baru pz usai lebaran haji. smoga nda mengurangi “smangadh” nikah muda-ny ya….
nikah, emang sesuatu bangettssss yah🙂

#yg blom nikah, smoga Alloh memudahkan kalian smua menggenapkan separuh agama kalian (dg menikah).

baarokallohu fiykum ^^

wafiikumbarakallah mba menikk ^^

30. Noorrohmah - Desember 4, 2012

Subhanallah🙂
saya juga ingin nikah muda mu, tapi kenapa hati kadang masih ragu yaa..

keraguan atau was2 itu datangnya dari syaithon.. bismillah aja..dan psiapkan diri sbaik2nya dan menyeleksi calon sbaik2 jg🙂

31. yulita - Mei 16, 2013

salam kenal mbak…🙂
Saya juga nikah muda,tapi ga muda2 banged sih.. soalnya nikahnya pas udah lulus kuliah.. begitu lulus langsung nikah ^_^

32. armiyanti25@gmail.com - Juni 7, 2013

duuhh….ukhty ngebaca tulisan anty jadi ngiri saya…benernya dah pengen bisa seperti anty, tpi Allah belum mempertemukan jodohnya…mungkn bersabar kunci utamanya… wah makasih ya udah berbagi pengalamannya..semoga postingan ini bermanfaat 😀

33. hamba Allah - Juli 25, 2014

alhamdulillah, saya pengen nikah muda, tapi saya masih belum berani, hafalan saya masih sedikit, takut kalo jadi imam bacaannya itu2 aja😀 hehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: