jump to navigation

KOMUNIKASI UI [Part 2] April 20, 2012

Posted by Afra Afifah in Lembar Kehidupan.
trackback

Ketika itu (dalam waktu memutuskan dan memilih jurusan di universitas) saya tidak terlalu disibukkan dengan memikirkan pilihan orang lain… Barulah saat sudah memilih (dan tak mungkin saya ubah lagi) saya banyak tanya ke teman-teman jurusan apa yang akhirnya mereka pilih… ada yang FH UI… FIKOM Unpad..Teknik Industri ITB.. Teknik Kimia UI..Kedokteran UI ..dll . Ada juga yang tidak PD memilih UI, dan ada juga yang mengurungkan niatnya untuk memilih jurusan impiannya di UI dengan alasan”ketinggian” . Sebenarnya dia ingin memilih komunikasi UI, tapi khawatir tidak masuk..akhirnya dia memilih salah satu jurusan di FEUI dengan passing grade dibawah komunikasi..(yang jelas bukan akuntansi, hehe).

SMAN 78 Kemanggisan, Jakarta Barat

Saya yang ketika itu memilih komunikasi UI sebagai pilihan pertama lantas berpikir”ketinggian ga ya saya memilih?”  karena..teman yang saya tanyain itu jelas jauh lebih pintar dibanding saya.. dia masuk juara umum di SMA 78 jurusan IPS…  sedangkan saya tidak hehe.. saya 10 besar di kelas aja waktu itu (Alhamdulillah..mesti disyukuri kan ya ^^)

Hari berlalu dengan cepat.. hari-hari selalu diisi dengan belajar dan mengerjakan soal-soal..serta beribadah untuk meminta yang terbaik..dan tibalah di hari itu, SPMB. Saya diantar papa dengan menggunakan motor menuju SMAN 35, tempat saya ujian SPMB, yang untungnya..SMA 35 itu tidak jauh dari tempat tinggal orangtua saya dulu, di pejompongan. Saya ingat, sebelum sampai di tujuan, kami berpapasan dengan tukang sampah yang biasa bertugas untuk mengurus sampah di lingkungan tempat tinggal kami, lalu papa bersedekah ke bapak tsb sambil memohon kepada Allah agar anak sulungnya ini dimudahkan ujian SPMBnya :’)

Alhamdulillah..soal-soal bahasa inggris dan bahasa Indonesia di hari pertama hampir semua bisa saya jawab. Kecuali, MATEMATIKA *huahahah* ya sudahlah saya memang mengakui saya kurang sekali dalam bidang yang satu itu. Tapi setidaknya, saya tau.. saya tidak boleh fokus di kekurangan saya yang satu itu..maka saya fokus di kelebihan-kelebihan saya.. saya akui saya sulit berlatih juga dalam soal matematik..karena kalau belajar matematik saya benar-benar butuh guru yang mendampingi yang bisa saya tanyain stiap kali saya mngalami kesulitan..karena itu, saya sangat kesulitan..karena papa juga sudah ksulitan pula untuk mengajari saya matematika SMA. Makanya saya lebih sering bertanya ke teman dan guru.. meski tetap saja otak saya ini tetap lama menerimanya hehe.. sering kali saya bertanya “kenapa mesti begini..? kenapa mesti begitu..? kenapa caranya ga bgini dan bgitu..?” lalu sahabat saya yang mengajari saya bilang” udah dari sono rumusnya fra, hahaha”  -__-

pict by: 9gag

Kurangnya saya dalam matematik..tidak membuat saya patah semangat..meski terkadang cukup membuat saya minder heheheh..tapi waktu itu saya merasa “Allah masih menolong saya” kenapa? Bruntung saya.. karena yang diujikan dalam SPMB tidak hanya matematik😀 karena itu saya berlatih terus soal-soal bahasa inggris..bahasa Indonesia..juga soal-soal IPS dan ips terpadu.. saya “genjot” kekurangan saya dimatematik dengan berusaha keras di  mata pelajaran lain..

Alhamdulillah..saat penentuan itu pun tiba.. waktu itu akhirnya jam menunjukan pukul 12 malam.. deg2an? Tentu saja. SANGAT! Karena malam itu semacam “penentuan” masa depan saya.. akhirnya saya buka situs online SPMB.. saya masukan no spmb saya..bismillah.. dan hasilnya?? “SELAMAT anda LULUS SPMB” masyaallah..betapa bahagianya saya saat itu.. karena saya bisa membahagiakan ortu saya..bisa membuat mereka bangga, akhirnya anak sulungnya ini bisa masuk UI..walaupun saat itu belum diketahui saya masuk di jurusan apa.. (masuk UI aja udah senengnya bukan main) kmudian saya cari kode jurusan yang saya diterima.. dan jawabannya adalah KOMUNIKASI!!!, ya, saya di terima di KOMUNIKASI UI.. ya Allah.. waktu itu saya benar-benar tidak menyangka…  ha? Ini bener ya? Kayak mimpi..

[perpustakaan UI, pict from here]

Papa saya yang waktu itu masih bangun pun senang sekali..mama saya kmudian terbangun.. dan juga sangat bersyukur.. mama papa kmudian sujud syukur dan mnyuruh saya jg untk shalat..  tidak lama setelah itu..papa bilang “sebenarnya papa udah mimpi..kalau afra lulus spmb” tapi ntar dulu deh papa tahan ngasi taunya sampai mimpinya benar-benar terbukti.. kira-kira seperti itu kata-kata yang diucapkan papa…

ALHAMDULILLAH.. rasanya, LULUS SPMB menjadi salah satu hari paling bahagia dalam hidup saya.. karena perjuangan saya selama ini “terbayarkan” : )

~*Afra Afifah*~

[Griya Rahmani, Depok,  6 tahun setelah LULUS SPMB J ]

Komentar»

1. Amellia Rozza D. (@AmelliaRD) - April 25, 2012

jadi termotivasi nih😀 thanks banget ya mbak afraa :)))

Afra Afifah - Maret 8, 2015

sama2🙂 semangat!

2. Amellia Rozza D. (@AmelliaRD) - April 25, 2012

oh iya mba, boleh ga ceritanya aku copas? buat motivasi temen-temen yang lain, ntar pasti kutulis kok sumber nya🙂

Afra Afifah - Maret 8, 2015

silahkan🙂 (aku balasnya 3tahun kmudian ya haha ampuun)

3. Erva - Mei 1, 2012

mba… ilkom UI ada yang pasca sarjana nggak sih??

Afra Afifah - Maret 8, 2015

ada.di salemba🙂

4. Deanda Dewindaru - Mei 26, 2012

wah, ceritanya seru yah, aku lemah sekali ka di matematikanya, tapi Alhamdulillah, sekarang maba Komunikasi UI, mohon bantuannya yah ka ^^. Oh iya ka, salam kenal juga🙂

Afra Afifah - Maret 8, 2015

salam kenal juga deanda ^^

5. Ellya Mutia - Juni 5, 2012

wah mbak inspiratif banget! tahun ini aku snmptn looh, doanya yaaah biar jadi juniornya mbak afra

6. Annisa Della - September 26, 2012

Wah, cool story nih! Salam kenal ya, Kak Afra^^ Anyway, aku ini anak IPA, kak. Nah aku gatau nih kalo mau milih FISIP UI itu harus anak IPS doang, ya? Bisa sih milih IPC buat daftarnya. Cuma aku ngehindarin belajar ekonominya ituloh>< Mohon dijawab ya, kak! ^^

salam kenal juga, annisa🙂
hey hey banyak ko anak kom yang dari IPA ^_^. anak ipa bisa pake jalur IPC..
hehe udah konsekuensi kyknya klo mau ambil IPC ya mesti blajar ekonomi:mrgreen:
yah gpp..berjuang aja smaksimal mungkin,..perjuangan juga akan ada akhirnya ko😉 insyaallah ^^

7. indah - Oktober 11, 2012

assalamu’alaikum kak afra ,aku mau tanya, aku dari jurusan ipa tapi pengen banget masuk komunikasi UI, kalau lewat snmptn undangan bisa gak ya kak

wa’alaikumussalam🙂 salam kenal indah ^^ . bisaaa🙂 temen2ku yang masuk lewat jalur PMDK sbagian besar (stauku) mereka anak IPA hehe🙂

8. Putri Azka Gandasari - Desember 23, 2012

hai kak Afra. jalan cerita kakak persis kayak aku, dari awalnya cita2 jd Psikolog, sampai dikasih dua pilihan, Komunikasi atau Sastra. dan aku juga ga suka matematika😀 tinggal cerita akhirnya, entah bakalan beda atau sama. semoga sama ya kak🙂 makasih atas ceritanya, aku jadi termotivasi🙂

aamiin..ayo smangat terus , berdoa dan positif thinking😉

9. Anindya Jati - Februari 9, 2013

halo mbak mau tanya kalo masuk ilmu komunikasi UI haruskah dari program IPS? bahasa ga boleh ya? thx;)

10. Diah Ayu Fadhilurrahman - September 13, 2014

Ya Allah kak.. Mengharukan sekali ceritanya. Semoga sukses ya kak. Doakan saya juga ya kak 2 tahun lagi masuk Jurusan Komunikasi di UI. Amiiin :”)

11. Mhala Savitri - Oktober 1, 2014

wah kak, aku bacanya terharu sekali… jadi termotivasi, tapi masih ragu untuk coba ke UI soalnya aku dari SMK bukan SMA…jdi pljrn tntng IPS ga trlalu mendalam…butuh banyak motivasi biar aku bs percaya diri dengan pilihan ku :’)

12. raachelsong - Maret 6, 2015

halo kak, aku dwi saat ini kelas XI IPS. pengen banget bisa masuk komunikasi ui. aku pengen tahu nih kak suka duka kakak di komunikasi ui. makasih🙂 oh ya, minta doanya juga ya kak😀

13. asmay - Agustus 25, 2015

kak afra ini sama banget kaya aku. aku anak ipa tapi lemah banget di matematik. aku mau pilih jurusan psikolog tapi psikolog ipa hanya ada di unpad jadi aku nyari yang deket mau ui tapi ga ada psikolog ipa jadi pilihan aku cuma ilkom sama sastra. ilkom bisa lewat jalur pmdk kan ka?

Afra Afifah - September 28, 2015

iya ilkom bisa lewat jalur PMDK ^^ itu waktu jamanku ya..aku kurang tau kbijakan yg skrg ^^ tmen2ku banyak yg dr jalur PMDK trutama yg dr daerah🙂

14. herwida - Oktober 2, 2015

Kak nanya dong, kalo masuk komunikasi fisip tuh belajarnya apa aja? Trus nanti kerjanya jd apa ajaa? Makasih♥

Afra Afifah - Oktober 3, 2015

banyak.. pengantar ilmu komunikasi… blaj psikologi, sosiologi juga.. jurnalistik.. statistik (untuk skripsi-penelitian)..analisis media, dll. Tergantung juga minat di program studinya apa🙂

klo kerjaan banyak banget.. tmen2ku banyak yang kerja di prush. minyak smacam chevron..pertamina.. kantor berita.. presenter..penerbangan..dll (terbuka lebar insyaallah)

15. Kertas Merah - Oktober 15, 2015

ka mau tanya, kn ilmu komunikasi itu udh masuk jurusan di fisip, nah yg bagian peminatan bisa milih jurnalis lagi?? jadi nanti mahasiswa komunikasi dibagi lagi gitu?? milih kaya prodi lagi kaya jurnalistik ya ka???

Afra Afifah - Oktober 16, 2015

iya nanti ada program studi lagi.. komunikasi media..jurnal..humas dan iklan🙂

Kertas Merah - Oktober 16, 2015

nanti gelarnya apa ka??

Afra Afifah - Oktober 21, 2015

KOM UI bukan fakultas seperti di Unpad. jadi gelarnya S.Sos. krn masuk dalam FISIP UI.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: