jump to navigation

Sejak Kapan Berteman dengan Internet? [Part 1] Februari 8, 2013

Posted by Afra Afifah in Lembar Kehidupan.
4 comments

Sejak kapan berteman dengan Internet?

Hmm,pertanyaan yang bagus. Seingat saya, dari kelas 3 SMP saya sudah aktif berselancar di dunia maya. Entah apa sebelum itu  tapi saya ingatnya pas kelas 3 SMP, anggap saja sejak kelas 3 kalau begitu >_< . Mula berkenalan karena kk sepupu saya, Uni Shanty, yang ketika itu masih tinggal di Jepang dalam rangka menemai sang suami menyelesaikan studi S3-nya, mengirimkan hadiah sebuah modem ke papa saya. Saat itu modem masih jarang, tidak mudah ditemui seperti sekarang ini. Bentuknya masih kaku, kotak persegi panjang berwarna putih, bunyinya pun yang masih…teeeeet..tot tet tot (saya bingung gimana mendeskripsikan suaranya) 😀 intinya, modem tersebut nyambung dengan line telfon. Tidak bisa kita gunakan secara unlimited. Bisa-bisa tagihan telfon ortu saya membengkak. Pakai internet pun juga kalau ada keperluan yang sangat penting saja. Bukan untuk browsing santai.

Tapi memang dasar rasa penasaran saya tinggi, terkadang saya suka pakai modem tersebut untuk iseng. Taukan apa hal yang terjadi setelahnya? Jelas mama saya “ngomel2” *tandakutip* memarahi saya. “afraaa..ntar tagihan telfon mahaal” yah kurang lebih seperti itu reaksi mama,..hehehe maafkan anakmu ini ma 😀

Oke, jadi cara lain yang saya gunakan saat itu adalah: Buka internet–> bunyi brisik–> konek –> dan ngebrowsing situs-situs yang mau saya buka dan baca artikelnya.. kemudian setelah buka banyak tab, lalu saya matikan koneksi. So, saya bisa baca spuasnya tanpa kena marah sama mama hohooho 😀  Eh ya, dulu browsernya masih pake internet explorer loh haha Mozilla belum terkenal juga seperti sekarang.

Kemudian karena merasa ndak puas internetan di rumah, saya mulai mencari warnet untk nge-net. Meski judulnya gak jelas ke warnet mau ngapain! Dasar anak SMP! Waktu itu, warnet baru mau mulai menjamur. Untungnya saya gak nge-game loh. Ke warnet biasanya saya chatting, buka situs-situs islam seperti MyQuran.com , Ukhuwah.or.id [yang ternyata setelah saya cek, situs ini sudah tidak ada lagi :’) ] , buka email. By the way sejak saya aktif di dunia maya waktu SMP itu, saya sudah sering dapat email “mba afra..saya minta dong tips n trik supaya bisa pintar menulis seperti mba!” Ya ya, saya sudah dikira Afifah Afra Amatullah, nama pena-nya mba Yeni MS, sang penulis yang cerpen-cerpen dan novelnya sering saya baca di majalah An-Nida. Majalah langganan saya ketika SMP, yang pemimpin redaksinya masih mba Dian Yasmina Fajri. Ngomong-ngomong, asik juga bernostalgia disini 😀

Saat itu, saya chatting masih di mIRC , meski saya kurang suka chat disana..karena gak jelas orang-orangnya (random banget klo kata anak jaman skrg :p ) . Saya beralih ke yahoomessenger (chat room) dan ternyata sama randomnya meski saya sudah masuk ke islam chat room. Weleh! Ternyata Banyak orang yang tidak baik diluar sana kawan! . Tetap waspada! Tapi untunglah saya tidak pernah yang macem-macem. Saya jadi merasa nyaman kalau chat di situs islam, seperti myquran atau ukhuwah. Hey, dulu saya belum tau situs-situs seperti muslim.or.id atau muslimah.or.id dan sejenisnya (*ya emang belum ada situsnya juga sih 😀 hehe)

Nick name chat saya waktu itu : Aisha_Zahra, midori_quaff, ukhty green, hahaha yess..dulu saya ckup “freak” dengan warna hijau. Teman-teman saya  tau sekali saya sangat cinta warna hijau. Kalau sekarang sih biasa-biasa aja,sudah suka banyak warna. Aisha_Zahra itu nick terinspirasi dari novel ayat-ayat cinta (sebelum di filmkan) ini nick name pas sudah SMA. Dari tokoh aisha dalam novel tsb :p Midori_quaff terinspirasi dari kata midori (dlm bahasa jepang yang artinya hijau, dan quaff itu dari quaffle, bola dalam permainan quidditch-nya Harry Potter :p oh yah, sepertinya saya kebanyakan baca novel saat itu. Hehehe. Ukhty green, yang ini standart banget ya, gak usah diartikan juga udah pada tau kan maksudnya apa :mrgreen:

Karena sering chat di Myquran, jadi kenal beberapa teman..tapi saya lupa nick mereka apa. Saya juga pernah kopdaran, waktu itu saya masih SMP. Saya kopdaran dengan ka awie dan istrinya, apa kabar ka? 🙂 ternyata istrinya ka awie adalah teman tante saya (adiknya mama) di Akademi Perusahaan di ciganjur. Dunia sempit ya? Karena teman tante saya juga, maka saya berani kopdaran. Apalagi mereka sudah menikah dan saya juga minta ditemani adik saya. Alhamdulillah..dipikir-pikir.. berasa sekali penjagaan Allah ke saya.. saya tidak kopdaran dengan ikhwan tidak dikenal.. minta ditemani adik.. dan jelas lebih pengen bertemu dan ngobrol dengan istri ka awie, mba muji. Masa-masa labil jaman SMP-SMA itu saya merasa sangat butuh bimbingan seorang kakak. Karena saya anak pertama. Tau sendiri gimana labilnya anak seusia SMP dan SMA -_- . namun sekarang, saya sudah lama kehilangan kontak dengan mereka, mudah-mudahan mereka membaca tulisan saya ini, bahwa saya tidak melupakan mereka. Dari yang waktu itu ka muji lagi hamil anak pertama. Lalu saya datang ketika kelahiran anak pertama (apa anak kedua ya, lupa. hiks) terus anak kedua. Sekarang anaknya sudah brp ya mba?^^

Temen chat lain di ukhuwah.or.id yang kenal sejak lama yaitu si pemenang pertama wirausaha muda mandiri, tahun 2009, yang punya bisnis ini dan itu. Gak perlu saya sebut nama ya, ntar dia ke-GR-an. Yang jelas, pertemanan kami dimulai sejak saat itu.

Dan sejak kelas 2 SMA saya sudah mulai ikut kajian islam yang haq, insyaallah. Sejak aktif di ROHIS SMA pula saya sudah jarang chat di myquran dan ukhuwah. Udah lama sekali ya. Alhamdulillah sedari SMP itu, saya sudah sangat tertarik membaca buku-buku islam. Karena tempat les saya dulu jauh. Rumah di pejompongan, bimbel saya di Jl Dewi Sartika, di cawang, Santa Lusia. Kenapa les disana? Karena direktur Santa Lusia yaitu, ibu Lusia, adalah gurunya ayah saya ketika masih muda. Sebelum masuk UI. Jadilah saya gratis les disana, yang kalau pakai uang sendiri. Cukup mahal biayanya. Alhamdulillah’alakullihal. Karena tempat lesnya jauh, maka saya sering bawa buku untuk menemani perjalanan saya. Pergi dan pulang les. Wih masa perjuangan sekali itu.

Btw, ini dari kenal internet kenapa jadi melebar kmana-mana ya? 😛 biarin lah ya..blog sendiri ini 😀

Oke tulisan ini selesai, saya buat Part 1 dulu aja yah? *Apaa?? MASIH ADA lanjutannyaa?? *hehehe iyaa :mrgreen:  *ngomong sendiri*

Selesai :mrgreen: *Part 1

~*Afra Afifah*~

[Tanah Baru, Waktu Subuh]

Iklan

Rumahku Masih Ngontrak :) Februari 6, 2013

Posted by Afra Afifah in Lembar Kehidupan.
Tags:
5 comments

Awal tahun 2013 ini, kami pindah ke Tugu Tanah Baru Town House, Depok, Jawa Barat. Rumah ini merupakan rumah ke-3 yang kami sewa. Rumah pertama kami di Jl Rawa Pule, kukusan teknik UI. Waktu awal menikah, ketika saya masih kuliah. Rumah kedua di Griya Rahmani, Beji. Dan disinilah rumah ketiga kami.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Mudah-mudahan rumah keempat sudah bisa beli rumah secara tunai, atau cara lain yang terhindar dari riba. Masih nyewa?? YES! 😀 karena sejak awal kami tidak mau mengambil KPR. Kenapa? Baca disini aja ya 🙂 atau disini atau disana :mrgreen: hehehe

Sahabat-sahabat SMA saya sontak tertawa ketika saya katakan bahwa saya dan suami tidak mau memakai KPR ketika mengobrol di acara resepsi pernikahan kawan kami. Saya dan suami mengembangkan senyum saja ^^ karena memang toh pada kenyataannya di jaman sekarang ini keputusan untuk tidak memakai KPR dalam membeli rumah, merupakan keputusan yang cukup “mustahil”. Kalo gitu kapan kebeli (rumah) nya?  Pertanyaan inilah yang sering kali kami dapatkan.

Ah..bukankah matematika Allah berbeda dengan matematika manusia? ^^ Allah, akan dengan mudahnya memberi rizki dari arah yang tidak disangka-sangka..bila IA menghendaki ..bukankah begitu..?

“Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar. Dan memberinya rezki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.” (At Thalaq 2-3)

Jika kita berusaha, dengan kerja keras dan kerja cerdas, dan tak lupa..senantiasa beribadah dan memohon kepada Allah, ditambah dengan bersabar dalam kebaikan… semua itu mudah bagi Allah…

“WORK HARD..PRAY HARD”

SE.MA.NGAT!!!

~*Afra Afifah*~

[Tugu Tanah Baru Town House, Depok, Jawa Barat]

Anyway, ada sebuah tulisan yang sangat indah dari Ustadz Syafiq Reza Basalamah, MA [hafidzahullah]

selamat membaca ..barakallahufikum 🙂 (lebih…)