jump to navigation

Ayah Bunda September 16, 2009

Posted by Afra Afifah in Afra Punya Opini.
Tags:
trackback

Swan_family_by_Linuska

MasyaAllah, sungguh masih tidak menyangka, sebentar lagi saya dan suami akan menjadi orang tua. Rasanya, hmm bingung saya bagaimana harus menuliskannya. Campur-campur. Alhamdulillah di umur 20, anak saya sebentar lagi (tinggal hitungan hari, insyaAllah) akan lahir. Sedangkan suami tercinta, di umurnya yang ke-25, insyaAllah akan mempunyai jagoan kecilnya. Subhanallah, sungguh tak bisa di ungkapkan dengan kata-kata, bahkan oleh sebuah puisi terindah sekalipun.

Seiring menunggu kehadiran buah hati, kami pun sudah memikirkan, panggilan apa yang akan di tujukan pada kami nantinya. Dari awal, suami saya ingin dipanggil “Abi”, padahal, saya ingin dipanggil “Bunda”. Abi-Bunda? Rasanya gak klop ya? Hehe.. akhirnya, saya pun mengalah dan nurut dengan suami…, dengan bersedia untuk dipanggil “Ummi”.

Hmmm…namun, seiring berjalannya waktu…entah mengapa, rasa ketidaknyamanan atau istilah kerennya “gak sreg” untuk dipanggil “Ummi” makin menjadi-jadi…meski saya pribadi senang, bila suami dipanggil Abi, tapi saya tidak sreg untuk dipanggil Ummi. Karena menurut saya, panggilan tersebut –maaf bagi yang tidak berkenan-, mrusak tata bahasa ^^. Kenapa merusak? Okelah, kalo anak kami yang memanggil ummi-abi, yang artinya ibuku dan ayahku. Tapi, orang lain tentunya juga akan memanggil ke saya dan suami, “ummi-abi”. Misalnya : “dede cakep, umminya kemana?” kalau diterjemahkanà”dede cakep, ibuku-nya kemana?”. Aiiih, itulah yang membuat saya gak sreg sampai sekarang, gak pas gitu kalau buat kita, orang Indonesia. Memang sih, panggilan “Ummi” sudah lazim di Indonesia yang maksudnya adalah“Ibu”, tapi mungkin karena saya orangnya agak-agak perfeksionis, tetap menganggap hal itu adalah suatu kesalahan:mrgreen: (*panggilan yang salah koq di “lazim-lazim”kan:mrgreen: ) –maaf bagi yang tidak sependapat😉 –

Alhamdulillah, dibulan-bulan terakhir menjelang melahirkan, suami tercinta akhirnya mengalah, dan bersedia untuk dipanggil “Ayah”, yang tadinya, suami merasa panggilan “ayah” berasa “tua” di telinganya..hihi.. padahal menurut saya sih engga:mrgreen: . Sekarang, suami malah senang memanggil-manggil dirinya dengan “ayah” ^_^

Dan kini, kami pun siap menanti kehadiran buah hati, sembari menanti, panggilan “Ayah&Bunda” yang keluar dari mulut mungilnya nanti, insyaAllah🙂

 

~*Afra Afifah*~

[Jakarta, 16 September 2009]

Komentar»

1. neilhoja - September 16, 2009

mm begitu ya, rasanya jadi orang tua… ekekek… masi lama nih, buat bisa ngebayangin jadi orangtua..😀

salam kenal.. moga putranya jadi anak yang solih🙂

salam knal juga… aamiin…makasi doanya ^^

2. fathimah assolowy - September 16, 2009

assalamu’alaikum w rahmatullahi wa barakaatuh

wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh : )

ketika sy mampir di sini,seringkali sy tersenyum membaca tulisan anti,
ada kebahagiaan yg sy rasakan..
sy pun belajar banyak tentang masa yang belum sy jalani..
barokallohu fiyki…

wafiikbarakallah : )

….
ehm.. ada kemiripan dengan sy ukhti,,:D
sy jg sependapat dengan anti, dan sy juga lebih suka dengan panggilan ayah dan bunda, tp mungkin bisa juga sesekali mengajari si kecil untuk memberikan panggilan ‘ya ummi’.. atau ‘ya abati’… dan memberikan panggilan kepada si kecil dengan panggilan yang sangat lembut ‘ya bunayya’… (~jika ada yg keliru, mohon diluruskan~)

semoga Alloh memberikan kemudahan dalam proses persalinan anti,
dan
semoga kehadiran si kecil nanti dapat mengantarkan kepada kedekatan, ketentraman dan kesejukan di keluarga anti,
amin..

aamiin ya rabbal’alamiin…jazakillah khairan ukhty… ^_^

wassalamu’alaikum w rahmatullahi wa barakaatuh

wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh

3. mencarimaknahidup - September 16, 2009

bundaaaaa…. ayaaaaaahhhh😀

yaaa naakkkk:mrgreen:

4. 4bu Huw@idah™ - September 16, 2009

sebenernya juga ga cocok sih kalo untuk pasangannya Bunda adalah Ayah, mestinyakan pasangannya Bunda itu ya…. Panda…:mrgreen:

hahah bener juga..abu huwaidah ini ada2 sahaja:mrgreen:

masa suami sy dpanggil panda:mrgreen:

5. sunflo - September 18, 2009

mama papa juga keren de’….^^ (he..he..hanya intermezo)

yup, tp itu udah panggilan saya ke ortu saya ka😉 kini saya mau yg berbeza sahaja:mrgreen:

6. ardhia - September 18, 2009

klo kk malah nanti malah pengen dipanggil ayah ibu aja..hehe..menggunakan bahasa indonesia yg baik dan bener..kapan yaa..heheeh..btw,kapan lahirannya fra? moga sehat2 aja n lancar2 aja yaa..

hihi..ayah ibu jg bagus koq ka😉
aamiin..jazakillah khairan ka..blum lahiran jg nih dedenya… apa mungkin dia mau lahir besok kali ya..tgl 29 bulan 9 tahun 2009 hehehe

7. bagus tejo pramono - September 19, 2009

aih..aih
pak Abu H jangan merusak suasana deh🙂

heheh tau nih:mrgreen:

8. kink - September 19, 2009

Senangnya..pengen segera menyusul..hihihi..😀

blognya udah ku link *ijin*🙂

smg sgr nyusul..aamiin🙂

hatur nuhun ^_^ aku ijin ngelink jg yaa..

9. dan - September 21, 2009

bener, aku juga berpikir seperti itu tentang ummi abbi, sebaiknya sih diajari bahasa Arab sekalian, bilingual gitu 🙂 …

satuju!

…trus…
… kayanya pasangannya Bunda kan Ayahnda, terus anaknya Ananda, kakak – Kakanda, adik – Adinda…

kalo Ayah.. pasanganya… Ibu… kalo aku kayanya lebih cocok yang ini utk bhs Indonesia nya…

afwan, wallahu a’lam… SELAMAT YA….

hehe bener jg..iya deh..ntar ayahnya skali2 dpanggil ayahnda..mudah2an mau:mrgreen:

10. faraziyya - September 22, 2009

hm . .barakallah yaahh^^

smg jundiy nanti terlahir selamat dan menjadi penyelamat dengan dirinya terhadap orang lain!

glad for you^-^

aamiin..ya rabbal’alamiin..jazakillah khairan ^_^ salam kenal anyway😉

11. Prasetyo Muchlas - September 23, 2009

Semoga diberikan kemudahan.. amiin.. ^^
*saya berharap saya juga begitu, uhuk.. uhuk..

aamiin..jazakallah khairan akh ^_^ mudah2an akhy jg dmudahkan : )

12. bob marley - September 25, 2009

Aku dengar sudah melahirkan yah,
Selamat yah! Semoga sehat dan bahagia. Amin =)

waduh belum nih…
tp makasi doanya yaahh😉

13. Fikri Faris - September 28, 2009

Subhanallah, ditunggu kabar gembiranya yaa..🙂

alhamdulillah anakku sudah lahir tgl 4 okt kemarin ^_^

14. Aprili... - September 28, 2009

Setuju!
kalau saya –nanti, insyaa Allah– inginnya dipanggil Ummiy, dan inginnya suami dipanggil Abiy,
tapi… itu dia! kalau orang2 sekitar menggunakan kata “Ummiy” juga untuk menyebut saya, walaaah… betapa-betapa! anak saya banyak sekali!! bahkan anak saya bisa jadi lebih tua dari saya:mrgreen:
Hmm… bagaimana ya memusnahkan kesalahan yang dilestarikan oleh masyarakat kita ini???🙄

Semoga persalinannya lancar ya kak!
ditunggu…🙂

jazakillah khairan de😉 alhamdulillah persalinannya lancar ^_^

cr memusnahkan kesalahan ya dgn menghapusnya mulai dr diri kita sendiri hehe

15. -Mir- - September 29, 2009

tadi ada yg bilang pasangan kata ayah-ibu… kok setau saya, ayah-bunda, bapak-ibu, nah lo mana yg bener…??? **ndak penting sih ^^
tanya guru bahasa Indonesia aja deh… hehehehe
semoga persalinannya nanti lancar ya…

alhamdulillah persalinannya lancar ^_^ jazakillah khairan ^_^

16. hik_mah - September 29, 2009

huuu afra..udah ditungguin dede’na tau2 tgl 8 oktober
moga ibu dan dede’ sehat dan selamat..amiiin ditungguin (lagi):mrgreen:

hehe yg bener tnyata tgl 4 oktober sudah mlahirkan ima cayang😀
jazakillah khairan muach ^^

17. musafir kecil - September 30, 2009

masyaAlloh….
kasusnya mirip sekali dengan keluarga kami,
pertama-tama saya ngotot dipanggil abi, tapi setelah dipikir-pikir ada baiknya juga penjelasan seperti yang diatas (tata bahasa)
ya sudah akhirnya luluh juga dengan panggilan ayah

awalnya istri ingin dipanggil mama, tapi saya agak risih kalo dipanggil papa, kesannya kayak orang kaya, setelah tarik ulur kesepakatannya

ayah-bunda

klo saya ga mau dipanggil mama-papa soalnya manggil ortu juga udah mama-papa..hehe

18. Nuansa Pena - Oktober 6, 2009

Jangan lupa makan kurma, dalam proses persalinan nanti akan lancar ! Terbukti saat isteriku melahirkan, tidak terbukti pada diriku karena aku sponsornya !

iyah, alhamdulillah srg minum sari kurma ^_^

19. virdaus rojaie - Oktober 14, 2009

bismillah…lama tak silaturahmi ke laman ini….

masyaallah…
yang udah sempurnakan setengah diennya..dan Allah berikan Amanah…

Mabruk..

syukron akh ^^

20. cizkah - Desember 29, 2009

Dulu ana pernah punya rencana pingin dipanggil bunda. Tapi pas hamil Ziyad juga diskusi sama suami, dan suami kurang suka krn dikait-kaitin sama Bunda Maria. Hehehe…walaupun udah tanya ke ustadz ttg masalah ini, tapi tetep gak pake juga.

Kalo mama papa, sama kaya musafir kecil. Suami juga kurang suka, berkaitan dengan rasa yang timbul dari panggilan itu, baik untuk si anak dan orang tua (walaupun saya sendiri juga manggil bapak ibu saya dg panggilan mama papa).

Waktu Ziyad udah mau lahir dan sudah lahir pun, saya masih ragu-ragu dan gak sreg dipanggil ummi. Rasanya pingin bikin panggilan baru, tapi gak nemu-nemu. Ya udah deh, keterusan sampe skrg. Heheh..jadinya tetep Ummi Abi. Pertimbangan dr suami adl ummi abi adl panggilan yg juga disebutin di Al Qur’an dan alasan-alasan kebaikan lainnya insya Allah.

‘Ala kulli haal…masing-masing punya pertimbangan yang kheir insya Allah.

Skdr wacana, kalau Ibu tuh pasangannya bukannya Bapak ya?
Kalo Bunda ya memang bisa Ayah (dan ayah ni singkatan dr ayahnda kan?)

na’am, ibu-bapak… bunda-ayahnda ^_^
salam knal ya umm ziyad ^_^

21. pokamu - Januari 6, 2010

salam kenal ya…

tapi panggilan abi dan ummi itu bila dirasakan sangat lembut lhoh bunda…(cie…)

gimana…sekarang sudah lahir belom bu buah hatinya…sudah dipanggil bunda ya…

skalian numpang promosi neh bun, ditempat kita nyediain zigiezag cloth diapers lhoh…buat kenyamanan buah hati bunda…
kunjungi blog kami y… di http://www.pokamu.wordpress.com
ditunggu kunjungannya…

terima kasih…

welcome in welcome in^_^
wah sy snang skali nih ada promosi popok bayi yg bs dgunakan bkali2…
pengeeeeeeeeeeeeen bgt beliii beneran deh..
kasian dede klo pake diapers terus…
sy udh add ym anda…mhon approval nya ya..mau nanya2 soalnya…
hatur nuhun ^_^

22. Tiya - Januari 10, 2010

Assalamualaikum wr wb..
maaf, tolong bantu jelasin dunk ke saya, arti ami / ummu?? soalnya saya pernah dengar pasangan suami istri bercakap2 dgn saling memanggil “ami-abi” (apa saya yg salah dengar atau gimana ya???) Jazakullah…

wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh..
ummu = ibunya
ami?mgkn maksud mba tiya adlh ummi-abi ya? ummi = ibuku abi =ayahku heheh

bukan jazakullah mba tiya^^ tp jazakillah khayran ^^

23. niez-nya adit - November 15, 2010

giliran saya yang juga lagi deg2an nunggu lahiran. menghitung hari ni.
soal panggilan…hmm…dari awal udah sepakat ummi-abi.:mrgreen:

barakallahufik😉 smoga dmudahkan ya nisa.. aku insyaAllah januari mlahirkan anak ke-2:mrgreen:

24. Ira - November 12, 2012

Ralat nih,,Ummi tuh artinya ibu,,bukan ibuku,,
kalau ummii baru artinya ibuku,,
jadi ya tata bahasanya bener,ummi sama abi,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: