jump to navigation

Cinta Itu Tak Terlihat Oktober 5, 2008

Posted by Afra Afifah in Afra Punya Opini.
trackback

Pada dasarnya, saya bukanlah tipekal orang yang gemar membaca novel. Apalagi untuk membelinya. Saya baru akan membaca novel tersebut, jika banyak orang mengatakan novel tersebut bagus, hanya sekedar ingin menuntaskan rasa penasaran saya saja.

Novel pertama yang saya baca adalah Novel Harry Potter karangan J.K Rowling, itu juga hanya buku pertama. Karena kebetulan, waktu di SMP dulu, ada seorang teman les yang memberikan hadiah novel itu ke saya, hmm…lengkap dengan coklat berbentuk hatinya. Dibanding novelnya, sebenarnya saya lebih menyukai hadiah coklat pemberiannya : ) . Kemudian, novel kedua yang saya baca adalah novel “fenomenal” Ayat-Ayat Cinta, karya Habiburrahman El-Shirazy. Novel kedua tersebut, saya baca ketika duduk di kelas 2 SMA. Lagi-lagi, karena teman sebangku saya “penggila” komik dan novel, lalu ia pun menyuruh saya untuk membacanya. Akhirnya, saya pun membacanya dan surprise! Ada beberapa bagian dari novel tersebut yang membuat saya menangis. Tapi, entah kenapa tidak ada niatan di hati saya untuk membeli novel tersebut. Namun, tidak untuk novel yang satu ini : yakni sebuah Novel Pakistan, yang berjudul “Cinta Yang Terlambat” yang ditulis oleh Dr. Ikram Abidi.  Ungkapan “Don’t Judge a Book By It’s Cover” mungkin sangat tepat untuk mendeskirpsikan novel ini. Sungguh, cover novel ini jauh dari kata “bagus”. Komposisi warna, dan tulisan di covernya, mungkin banyak membuat orang enggan untuk menyentuhnya. Namun jangan salah, ternyata isi novel tersebut banyak menyimpan kalimat-kalimat dan kata-kata yang begitu indah. Apalagi novel tersebut menceritakan tentang seorang wanita shalihah yang terus berjuang untuk mempertahankan pernikahannya, yang dari awal disebabkan karena sang suami tidak mencintainya.

Berikut ini saya kutip tulisan karya Dr. Ikram Abidi yang terdapat dalam novel tersebut :

Cinta Itu Tak Terlihat

Kenapa kita menutup mata kita ketika kita tidur?
ketika kita menangis? ketika kita membayangkan ?
itu karena hal terindah di dunia ini tidak terlihat…

Ketika kita menemukan seseorang yang
keunikannya
SEJALAN dengan kita…
kita bergabung dengannya dan jatuh ke dalam
suatu keindahan yang serupa yang dinamakan CINTA

Ada hal-hal yang tidak ingin kita lepaskan
Orang-orang yang tidak ingin kita tinggalkan….
tapi ingatlah…..melepaskan BUKAN akhir dari dunia

Melainkan awal kehidupan baru

Kebahagiaan ada untuk mereka yang menangis,
mereka yang telah mencari…..dan mereka yang
telah mencoba
Karena MEREKALAH yang bisa menghargai
betapa pentingnya orang yang telah menyentuh kehidupan
mereka…..

CINTA yang AGUNG?
adalah ketika kamu menitikkan air mata dan
MASIH peduli terhadapnya…
adalah ketika dia tidak mempedulikanmu dan kamu
MASIH menunggunya dengan setia
adalah ketika dia mulai mencintai yang lain dan
kamu MASIH bisa tersenyum sembari berkata ‘Aku turut
berbahagia untukmu’

Apabila cinta tidak berhasil….BEBASKAN dirimu
Biarkan hatimu kembali melebarkan sayapnya dan
terbang ke alam bebas LAGI

Ingatlah…. bahwa kamu mungkin menemukan cinta
dan kehilangannya…
tapi ketika cinta itu mati, kamu tidak perlu mati
bersamanya….

Orang terkuat BUKAN mereka yang selalu
menang,
MELAINKAN mereka yang tetap tegar ketika
mereka jatuh

Entah bagaimana dalam perjalanan kehidupan,
Kamu belajar tentang dirimu sendiri dan menyadari
Bahwa penyesalan tidak seharusnya ada
HANYALAH penghargaan abadi atas pilihan-pilihan
kehidupan yang telah kau buat

TEMAN SEJATI… mengerti ketika kamu
berkata ‘aku lupa….’
menunggu selamanya ketika kamu berkata ‘tunggu sebentar’
tetap tinggal ketika kamu berkata ‘tinggalkan aku sendiri’
membuka pintu meski kamu belum mengetuk dan
berkata ‘bolehkah saya masuk?’

MENCINTAI…..
Bukanlah bagaimana kamu melupakan,
Melainkan bagaimana kamu memaafkan
Bukanlah bagaimana kamu mendengarkan,
melainkan bagaimana kamu mengerti
Bukanlah apa yang kamu lihat,
melainkan apa yang kamu rasakan
Bukanlah bagaimana kamu melepaskan,
melainkan bagaimana kamu bertahan

Lebih berbahaya mencucurkan air mata dalam hati
dibandingkan menangis tersedu-sedu
Air mata yang keluar dapat dihapus, sementara air
mata yang tersembunyi menggoreskan luka yang
tidak akan pernah hilang….

Dalam urusan cinta, kita SANGAT JARANG
menang…..
tapi ketika cinta itu TULUS,
meskipun kalah, kita tetap MENANG
hanya karena kamu berbahagia……..
dapat mencintai seseorang……
LEBIH dari kamu mencintai dirimu sendiri…..

Akan tiba saatnya dimana kita harus berhenti
mencintai seseorang
BUKAN karena orang itu berhenti mencintai kita,
MELAINKAN karena kita menyadari bahwa orang
itu akan lebih berbahagia apabila kita melepaskannya

Kadang kala, orang yang kamu cintai
adalah orang yang PALING menyakiti hatimu
dan kadang kala, teman yang menangis
bersamamu adalah cinta yang tidak kamu sadari…

nb: cover buku novel cinta yang terlambat

Komentar»

1. layanglayang - Oktober 5, 2008

info buku bagus ne..
salam.

wa’alaykumussalam😉

2. Sausan - Oktober 5, 2008

*****

apaan tuh san yang di sensor?🙄

3. gbaiquni - Oktober 5, 2008

… jadi pingin beli nih …

: )

4. nh18 - Oktober 5, 2008

hhmm …
Buku bagus nih keknya ..
Thanks ya

u re welcome pak : )

5. hik_mah - Oktober 5, 2008

“Ada hal-hal yang tidak ingin kita lepaskan
Orang-orang yang tidak ingin kita tinggalkan….
tapi ingatlah…..melepaskan BUKAN akhir dari dunia”…….T_T

“Karena MEREKALAH yang bisa menghargai
betapa pentingnya orang yang telah menyentuh kehidupan
mereka…..”……T_T

“Entah bagaimana dalam perjalanan kehidupan,
Kamu belajar tentang dirimu sendiri dan menyadari
Bahwa penyesalan tidak seharusnya ada
HANYALAH penghargaan abadi atas pilihan-pilihan
kehidupan yang telah kau buat”…….T_T

“TEMAN SEJATI… mengerti ketika kamu
berkata ‘aku lupa….’
menunggu selamanya ketika kamu berkata ‘tunggu sebentar’
tetap tinggal ketika kamu berkata ‘tinggalkan aku sendiri’……..T_T

“Lebih berbahaya mencucurkan air mata dalam hati
dibandingkan menangis tersedu-sedu”…….T_T

“..dan kadang kala, teman yang menangis
bersamamu adalah cinta yang tidak kamu sadari… “……..T_T

subhanallah… jadi pengen baca novelnya..hmmm ***** jangan sampe terlambat, ya kan fra ?:,-)

iya ima : ) sabar yaaaa…smangat imaaaa!! =D

6. Mihael Ellinsworth - Oktober 5, 2008

Soal buku yang bagus, sih, kayaknya selera yah..Aku cenderung memilih buku yang, baik bahasa maupun translasinya,penuh dengan kata – kata yang rumit, dan bisa menstimulasi otak. Bukan berarti novel selain itu adalah kampungan, tidak..😀

hmmm buku dengan kata-kata yang rumit yah..boleh juga tuh..saya juga suka.. : )

anyway, welcome…”mihael”

7. mataharicinta - Oktober 6, 2008

salam kenal mbak.
blogna tak link boleh ya.

salam knal jg ibu : )

iya bu..silahkan… nuhun ya : )

8. ariefdj™ - Oktober 6, 2008

Mks info-bukunya mbak Afra.. Jadi pingin pinjam eh beli.. Sepertinya punya bakat juga utk bikin resensi.. He he..

alhamdulillah… sy mmg ckup tertarik jg untuk membuat resensi2 pak arief…tp kyknya masi jauh dr kata bagus resensi yg saya buat mah..ngasal banget…

9. Riana Garniati Rahayu - Oktober 6, 2008

wah afra, aku juga punya bukunya! udah beli dari 2 taun yg lalu..
belinya gara2 baca cover depannya:

“Sebagian orang berharap dapat menikah dengan laki-laki yang mereka cintai. Doaku sedikit berbeda: aku dengan rendah hati memohon kepada Tuhan agar aku mencintai laki-laki yang menikahiku…”

aku posting di blog-ku yg lama juga di friendster:
http://adarianalho.blog.friendster.com/2007/01/i-also-do-that-pray/

anyway, jalan cerita buku ini mirip dengan kisah hidupku sebelum akhirnya bisa nikah.. bedanya, punyaku happy ending:mrgreen:

smoga afra jg bisa happy ending kyk kk juga yah…hehehe amiin ya rabbal’alamiin… : )

novelnya bagus ya.. byk plajaran yg bs di ambil dr sana : )

10. Riana Garniati Rahayu - Oktober 6, 2008

btw, mirip bukan berarti sama yaa hehehehe.. duh jadi pengen baca lagi,, sayang bukunya ketinggalan di jakarta.

yauda ka..balik dulu sbntar ke jkt..br ntar brangkat lg ke sweden…heheheh

11. eka - Oktober 6, 2008

kok ceritanya mirip dengan cerita “pudarnya pesona cleopatra” ya?

wah gk tau tu ka..blom baca… pudarnya pesona cleopatra ini siapa yg nulis ka? afra sih udh tau..ada novel itu..tp krn gk dpt eksposure dr tmn2 tuk baca n meski org2 blg tu novel bagus…tp afra gk penasaran..yasud… gk dibaca deh..males:mrgreen:

12. esa - Oktober 6, 2008

kata-kata di cover novel itu kayaknya pernah liat deh. pernah denger atau baca sebelumnya.
Nuhun infonya. Tapi menurut saya, covernya ga jelek-jelek amat:mrgreen:

sami-sami : )

13. fithri - Oktober 7, 2008

Assalamu’alaikum..

Taqobbalallahu minna wa minkum… Mhn maaf lhr dan bathin.
Kunjungan balik. Lam kenal balik ya..
Tulisan2nya bagus ukhti🙂
Mencerahkan.

Wa’alaykumussalam Warohmatullah…

Taqobbalallahu minnaa wa minkum… : )

alhamdulillah..smoga bermanfaat😉

14. Ghani Arasyid - Oktober 7, 2008

cinta-cintaan…

ndak nyambung😦

makanya nikah..biar nyambung… ;D *padahal yg ngasi saran jg blm nikah..hee*

15. amaliasolicha - Oktober 7, 2008

Mbaak… sy minta ijin kopas isi novelnya ya,, nm mbak juga tk cantumin sbg sumbernya🙂, jazakillah..

silahkan… dan trimakasih😉

waiyyaki : )

16. Cinta itu Tak Terlihat « .:Lia XiaoJie:. “Wo de Ji Shi Ben” - Oktober 7, 2008

[…] dikirim oleh saudariku ini Afra Afifah , ehemm..barusan tak samperin rumahnya, ternyata beliau jg posting ini tulisan , after ijin ke orang yg punya rumah, akhinya tak kopas jg kesini, smoga bs bermanfaat, jazakillah […]

17. agungfirmansyah - Oktober 8, 2008

Hm…
Nama saya disebut2. Jadi GR:mrgreen: !

Ternyata saya punya kemiripan dg ente. Saya juga bukan tipe pembaca novel yangs setia. Baru baca novel kalau teman2 buanyak yg bilang bagus (bahkan laskar pelangi pun masih malas baca). Dan baru beli novel kalau sudah baca novelnya😀 .

Sotoy mode on…..
Loading for sotoy mode….
Finish!

Kisah cinta memang sumber inspirasi seni yang luas. Karena sebenarnya, alur cerita bisa dibentuk hanya dari sudut pandang cinta. Cinta ingin menguasai, ingin membalasa, dan sebagainya.

Ya, seni yang tersinspirasi dari cinta jumlahnya tak terkira. Seperi penderitaan yang dikarenakan olehnya juga. Tahu kalimat ini: Beginilah cinta, deritanya tiada akhir:mrgreen: .

bingung mau bales komen apa.. senyum aja deh : )

18. shavaat - Oktober 8, 2008

Aih, tentang cint*. Bingung saja rasanya,,,

saya juga bingung ni…

19. Sadat ar Rayyan - Oktober 10, 2008

Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah (muttafaqun ‘alaih)
loh…kagak nyambung😀

Hmmm..Cinta ya. Pastinya “Janganlah cintamu menjadikan keterlenaan bagimu, dan jangan pula kebencianmu menjadikan kehancuran bagimu.”

: )

20. novnov - Oktober 10, 2008

belum baca tuh bukunya….

: )

21. Raysha - Oktober 11, 2008

Makasih ya kunjungan blogny🙂
btw, baca buku “a thousand splendid suns”. bikin qta bersyukur. cerita 2 wanita afghanistan di masa perang.

wah..pengen…mudah2an ntar sy ktemu tu buku d toko bku ya… makasih infonya😉

22. bang ciwir - Oktober 13, 2008

cinta itu tidak terlihat namun dapat dirasakan…, kalao yang tidak terlihat tapi dapat dibaui itu lain lagi….

iyah… : )

23. rose - Oktober 14, 2008

ehem ehem duuuhhh cinta nich.
memang cinta tak terlihat kecuali orang yang kita cintai memberi tanda cinta untuk kita..
heheheheh
semoga cepat mendapat tanda cinta from someone….nun jauh disana
hehehe

ka lely ngomporin mulu neh😛
amiin…mudah2an ya ka : )

24. ziyyah - Oktober 16, 2008

assalamu’alaikum,

kutipannya bagus,
pas banget endingnya ma kondisi aq nih,
lagi

“Ketika kita menemukan seseorang yang
keunikannya
SEJALAN dengan kita…
kita bergabung dengannya dan jatuh ke dalam
suatu keindahan yang serupa yang dinamakan CINTA

Ada hal-hal yang tidak ingin kita lepaskan
Orang-orang yang tidak ingin kita tinggalkan….
tapi ingatlah…..melepaskan BUKAN akhir dari dunia

Melainkan awal kehidupan baru

Kebahagiaan ada untuk mereka yang menangis,
mereka yang telah mencari…..dan mereka yang
telah mencoba
Karena MEREKALAH yang bisa menghargai
betapa pentingnya orang yang telah menyentuh kehidupan
mereka…..”

i had to leave them…yahh mulai kehidupan baru d lingkungan yg berbeda..
ahh..kecintaan bersama mreka sungguh manis,

Wa’alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh…

sabar yah : )

25. Rindu - Oktober 19, 2008

saya masih TIDAK percaya kalo cinta itu ada …

jadi, apa yg harus kita sebut untuk menggantikan kata “rasa cinta” kita thdp ibunda?

26. ikrar - Oktober 22, 2008

Kenapa kita menutup mata kita ketika kita tidur?
ketika kita menangis? ketika kita membayangkan ?
itu karena hal terindah di dunia ini tidak terlihat…

hmm hampir mirip suatu artikel yang saya pernah baca di majalah
tapi bagus kok

memang kita ditakdirkan untuk tidak melihat keindahan dari yang paling indah
mungkin kita hanya bisa merasakan indahnya kasih sayangNYA
semoga hati kiita pun tidak buta

keindahan tak hanya untuk dilihat tapi lebih untuk dirasakan karena keindahan berhubungan dengan perasaan bukan sekedar panca indra, karena kita adalah MANUSIA makhluk yang sempurna

: )

27. Abu Aisyah - Oktober 26, 2008

Assalamualaikum…..

Wah..,Cinta itu tak terlihat yah…,seperti Angin yah…..

Di dalam Al-Qur’an kan ada 8 Angin yaitu 4 angin rahmat dan 4 angin adzab…..,Apakah Cinta yang tak terlihat itu salah satu bagian dari Angin Rahmat…???

Hayyakillah wa Bayyak…..

Wa’alaykumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh

amiin..mudah2an…insyaAllah

28. dianfitrianti - Oktober 27, 2008

assalamu’alaikum

wah udah lama ga mampir di blognya Afra.
Menarik…
Sebenarnya udah baca buku itu sih, udah lama jadi agak sedikit lupa.

wa’alaykumussalam warohmatullah..

makasi kk dah berkunjung lagi : )

wah dah pernah baca bukunnya jg yah😉

btw, kapan nih kita jalan2 lg? hehe

29. Salman aka C'aman - November 14, 2008

dh baca fra,,pny bukunya?
kyknya bgus tuh,,,

engga..afra gk punya bukunya…
yup, emang bagus..aplg settingnya di pakistan..jd gk di mesir mulu..ngebosenin😛 hehe

30. yanty - November 17, 2008

Kalimat yang baik untuk renungan.

Wassalam,

Yanty

wa’alaykumussalam : )

31. anggawawo - November 18, 2008

Hai🙂

Puisi yang hmmm…Indah..

Thanx buat info bukunya..

Emang isinya kebanyakan puisi2 gt yach?

32. syarif hidayat - Desember 1, 2008

cinta itu tak dapat dirasa dengan kecapan lidah sebagai indra perasa tapi cinta itu dapat dirasa dengan hati itula kenapa cinta itu tidak dapat di liat cuma bisa dirasakan karna hati yang bicara ?

: )

33. Melati - Desember 1, 2008

Oww, ternyata itu dari novel to? Puisi itu uda sering aq baca, bahkan dari SMA, 5-6 taun yang lalu…

Jadi pengen baca novelnya…

yap😉

34. neilhoja - Desember 13, 2008

nice posting…

thanks😉

35. Bingung Mo ngasih judul apa.. He.. He.. « blog’e arek Muneng, Medioen - Desember 16, 2008

[…] Hujan yang turun bersama air mata Bersama pedih, bersama rindu Kau datang dan kau pergi jua Rindu lagi…  Cinta Itu Tak Terlihat […]

36. Dea Hambarani - Desember 16, 2008

assalammu’alaykum

lam knal ya kak..

info buku nya bagus sekali… ingin mencoba beli dah.. kira-kira harga bukunya berapa ya kak…

oh ya kak,, apa benar ini kakak nya kak dida?

salam

wa’alaykumussalam..

yo, salam kenal juga dea😉

bukunya brp yah harganya?aku jg krg tau tu😀

iyah benar ini kk kandungnya dida😀

37. bintangdilangitke7 - Desember 17, 2008

Subhanallah.. keren bgt ya mbak (atau dek? soalnya saya lahir 2 tahun sebelum dek afra) puisinya…
saya penggemar puisi ni, belum lama siy..

boleh dikutip puisinya? saya jg baru belajar bikin2 blog ni, jd masih dalam tahap coba2. saya link ya dek, blognya. boleh kan?

btw pertama kali mampir di blog ini, saya juga sempat mengira dek afra itu mbak (kali ini bener2 mbak =D) afifah afra yang penulis cerpen itu lho. he…

hehe lucu😀

iyah smoga bermanfaat yaa ^_^ boleh koq klo mau nge-link😉

38. honey - Februari 10, 2009

ass, ehm han gak tahu mesti panggil apa ya saudari baru han ini he..
ukhti aja ya
ehm akhirnya han temukan juga rangkaian kata2 indahmu dalam “diary hujan” ternyata han pun jatuh hati ama apa yang ukhti tulis, termasuk ttg buku eh novel ini, jadi pengen baca juga euy!!!

wa’alaikumussalam😉 salam knal yah ^^ btw tp aku bkn pnulis novel loh ^^

39. riripinkygirl - Februari 11, 2009

Assalam,,,

Salam kenal,,,
Nice posting,,,

Izin ngerepost ya, mbak,,, ^^

Izin ngelink juga ya,,,
Huehehe,,,

Makasiy,,,

wa’alaikumussalam😉

silahkan ^^ salam knal juga yah🙂

40. dalila sadida - Maret 20, 2009

have u read the last part of this novel? i don’t really like that😦 tapi novelnya lumayan kok!

sure, i read it! emg si, agak2 vulgar heheh… tp keseluruhan jalan critanya si oke..cuma bagian yg t’akhir aja yg gk cocok di baca ama anak2…😛

41. khaela - Mei 2, 2009

lam kenal y…”
aku sudah pny bukuNa…
tapi………….
Sebagian orang berharap dapat menikah dengan laki-laki yang mereka cintai. Tapi aku sedikit berbeda: aku dengan rendah hati memohon kepada allah agar aku mencintai laki-laki yang menikahiku…”
walaupun sampai skrng masih belum bisa…”

mmmm, maxudnya?

42. Kisah Senja - Mei 8, 2010

Ukh…

Izin copas yah

syukron

iyah silahkan…dg tetap mencantumkan sumber tentunya kan : )

43. OOERO - Oktober 6, 2010

SUBHANALLOH

: )

44. farchan insana - Maret 16, 2011

ketika aku ditanya mengenai perihal cinta,, aku pun bingung… apa jawabanku..
yang aku tau, cinta itu tidak bisa ku ungkapkan dengan mudahnya,,
yang aku tau cinta itu hanya untuk_Nya,,
dan yang aku tau cinta itu tidak ada habisnya.. karena Dia yang memberi aku cinta dan hanya dia yang cintaku abadi dan aku mencintai_Nya…

^_^

45. Bali SEO - Juli 22, 2011

benar sekali kalau cinta itu tidak terlihat

bisanya dirasa ya😀

46. wisata cibugary - Agustus 19, 2011

love is blind. cinta itu buta,kalu sdh cinta yg lain ga terlihat

47. Sunset - Desember 20, 2011

Assalamualaykum afrah…apa aku boleh diijinkan untuk re-blogs? ^_^ atau mengutip sebagian besar isinya terutama kutipan afrah di cinta itu tak terlihat… tentu dengan amanah ilmiyah nya…🙂

wa’alaikumussalam warohmatullah.. iya..silahkan abu albanie🙂

48. mutiah - Desember 23, 2011

kak numpang copast ya,…

iyah silahkan..cantumkan sumbernya juga ya^^

49. eka - Januari 10, 2012

Assalaamualaikum
Ukht novelnya masih adakah di toko buku
Tertarik sama kata2 nya
Afwan
Boleh copas?🙂

wa’alaikumussalam warohmatullah..
wah saya kurang th^^ sy baca waktu sy masih sma kelas 2 hehe..sy jg nda punya novelnyaa hehe
iyah silahkan copas : ) boleh🙂

50. Travel Haji - April 16, 2012

Love is blind, klo sdh cinta semua sperti dibutkan, bahkan terkang mata hatipun ikut buta

btul sekali

51. Erva - Mei 2, 2012

mba aku juga mau reblog ya..

52. Erva - Mei 2, 2012

Reblogged this on Catatan Si Mungil and commented:
Aku suka dengan resensi buku ini,,, bikin kepingin cari bukunya sendiri,,, tapi entahlah masih ada apa tidak. Ini aku reblog dari afraafifah.wordpress.com

53. Rizqy Fardhany S - Mei 7, 2012

Isi buku itu kayak ga asing kata-katanya….satu kata, bagus ^_^
Ini mbak afifah afra yg penulis novel the life dee bukan y?

54. mas_pras - November 4, 2014

Reblogged this on Heru Prasojo | Catatan Sebuah Perjalanan and commented:
Antara keberanian dan pengorbanan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: