jump to navigation

Afra Afifah, Bukan Afifah Afra~! Agustus 15, 2008

Posted by Afra Afifah in Lembar Kehidupan.
trackback

Nama saya Afra Afifah, memang, mirip sekali dengan cerpenis terkenal yang bernama Afifah Afra, yang merupakan nama pena dari Mba Yeni Mulati. Gawat, gara-gara kemiripan nama, saya jadi ikut-ikutan terkenal nih…hehehe…

Bahkan, sering kali saya ditanya tentang tips menulis yang baik *waduh…* nulis syair sih oke, tapi kalau nulis cerpen dan novel, engga deh…

Awalnya bermula ketika saya pertama kali membuat alamat email. Dengan alamat : afraafifah@telkom.net (entah masih aktif atau sudah kadaluarsa, karena sudah lama sekali gak saya buka). Saat itu, saya masih SMP. Saya pun kaget, banyak email yang masuk ke saya dan mengira saya ini sang penulis terkenal itu😀 *padahal masih anak SMP* dan sudah dipanggil “mba”. Belum lagi ketika SMA, kejadian yang masih saya ingat sampai sekarang. Waktu itu, saya bertugas menjual buku-buku di bazaar acara Rohis SMAN 78, nah..karena buku-buku yang dijual, banyak buku-bukunya Afifah Afra. Salah satu teman sekelas saya yang bernama Gunar mengira sayalah yang menulis buku itu. Kira-kira bgini ucapannya : “Fra, lo nulis buku ya? Gilaaa keren banget lo!”. “Eh? Eh..? Duh..bukan Gunar, bukan Afra yang nulis…bukan koq…afra belum nulis buku…” jawabku. Lalu apa reaksinya? DIA TETAP GAK PERCAYA saudara-saudara!. “Jangan bohong lu fra..! elo kan yang nulis tu buku!” “Loh? Eh? Yee masih gak percaya lagi..beneran..bukan Afra yang nulis” (cape deh)…

Serta masih banyak lagi kisah serupa dan sampai sekarang, yang membuat saya heran, kenapa masih ada juga yang mengira saya itu Afifah Afra?. Saya tegaskan disini ya, saya bukan Afifah Afra. Saya ini Afra Afifah. Alhamdulillah nama ini nama asli pemberian dari kedua orang tua saya. Bukan nama pena (koq nama pena ya? Stau saya yang ada, nama kun-yah…hehe). Afra ngikutin Mbak Yeni..? Loh…siapa yang ngikutin😀 Nama saya ini kan sudah saya sandang hampir 20 tahun lamanya. Jadi? Siapa duluan yang mempunyai nama ini hayo?

Ada juga kisah lucu-paling tidak mnurut saya-. Saat itu, ketika sedang menghadiri acara pesta pernikahan salah satu teman saya. Saya bertemu dengan seorang ibu yang sepertinya sedang hamil besar. Beliau duduk disamping saya. Lagi asiknya mengobrol, tiba-tiba Ibu itu bilang :”kalau anak saya nanti lahir, saya ingin memberikannya nama Afra Afifah”. “Haaaaaaaaaaaaahhhh?? Sontak saya kaget dan tertawa. Loh bu, nama saya juga Afra Afifah…, jawab saya. Ibu itu pun kaget kemudian tertawa.

Lantas, yang membuat saya semakin ingin menulis tentang nama saya ini adalah : barusan saya melihat, siapa-siapa saja yang mengunjungi Diary Hujan ini. Lalu ada sebuah URL yang membuat saya ingin meng-kliknya. Ketika saya buka URL tersebut, oh…ternyata blog FLP Sumatera Utara. Kemudian, saya melihat daftar link disana. Dibagian : “silahkan mengunjungi”. Disitu ada daftar penulis-penulis terkenal FLP, seperti Mba Helvy Tiana Rosa, Mba Asma Nadia, dan Afifah Afra. Tapiii, yang membuat saya terkejut adalah…ketika saya mengklik Url Afifah Afra itu. Loh itu kan alamat blog saya!!!. Wah…gawat nih gawat… bisa ikut-ikutan tenar nih saya… hehehe

Maaf ya bagi para “penggemar”nya Mba Yeni, bukan maksud saya untuk mengelabui anda-anda semua. Tapi apalah daya, Afra Afifah memang nama asli saya. Semoga pada gak salah lagi yaa… atau, smoga aja puisi-puisi saya ada yang berminat untuk dibukukan? (yaaaa kali aja ada penerbit yang mau menerbitkan huehehehe…). Atau do’akan saya saja, smoga suatu saat nanti bisa membuat buku yang bermanfaat buat ummat. Amiin…

Komentar»

1. l5155st™ - Agustus 15, 2008

Afra Afifah…

Kalo boleh tahu, nama kun’yah-nya siapa ya?

ummu al-husein

(husein = dlm bhs persia) dlm bhs arab (husain)

maksudnya sih sama… cucu Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam : )

*catatan : nama ini masih bersifat sementara ^^

2. awisawisan - Agustus 15, 2008

assalaamu’alaykum..
yaelaaaaa,buuuk..
tak kirain kmaren ssuatu yg sgt bgtu pnting,,
ttg nyawa,perasaan atw harta.. *loh
rupanya..wekeke..

wa’alaikumussalam warohmatullah😉

eh..eh… ini mnyangkut nama saya..penting jg toh buk😛

3. Sadat ar Rayyan - Agustus 15, 2008

do’akan saya saja, smoga suatu saat nanti bisa membuat buku yang bermanfaat buat ummat.
amiin. semoga dimudahkan, menulis buku2 ilmiyyah yang menjadi sumber ilmu bagi ummat

amiin ya rabbal’alamiin..

4. rousta - Agustus 15, 2008

yeah…Afra…eksis kamu…pelik banget agaknya masalahnya…wakakakak
semoga ada hikmahnya juga

eksis? kyk anak gaol ajah:mrgreen:

yap..smoga ada hikmahnya ya roustakuu..

5. wahyukresna - Agustus 15, 2008

iya nih., nama kunyahnya siapa? jadi penasaran., kalo ane Abu Royyan… nama hijrahnya Habibullah Al Firdausy

saya gk ada nama hijrah.. alhamdulillah.. saya senang krn ortu saya memberikan nama indah buat saya..

nama kun-yah : ummu al-husein

*catatan : masih bisa berubah, tergantung zaujiy. krn yg berhak memberikan nama untuk anak adalah ayahnya ^^

6. Sausan - Agustus 16, 2008

Wakakakakak…
Temen Kakak si Gunar tuh… DOOONG!

Ehem!
Emangnya bener yak?
Itu…
“krn yg berhak memberikan nama untuk anak adalah ayahnya ^^”

doonggg donggg!:mrgreen:

yaps, bener san… yg berhak memberikan nama untuk anak adalah sang ayah😳 ada koq hadits2nya…sausan bs baca di buku kk, “menanti buah hati dan hadiah tuk yang dinanti” hehehe…jgn baca laskar plangi doang =P

lagian kan..nama seseorang itu jg dpanggil dgn nama bapaknya… misal ibnu ahmad😉 bukan dgn nama ibunya… misal ibnu muzainah (*muzainah?loh koq kyk nama jidah😀 )

7. ariefdj™ - Agustus 16, 2008

😉 .. lho ? q kira kamu emang bener2 mbak Yeni lho, cuman lagi nggak ngaku ajah.. Karena, sapa tau sedang menjalani hidup di dua alam.. atau, kehidupan paralel.. kekeke…

waduh…jadi selama ini pak arief..kira??…sayaaa? wah..gk bagus nih gk bagus😀

hidup di dua alam? waa T_T sy kan bukan kura-kura pak arief… =D

8. rousta - Agustus 16, 2008

roustaku???
aku rousta nya bapakku, adekku,…sama….hehe]
eh, Afra sombong niy…mau nginep di kosan nggak bilang2
kamu mau kajian juga sama Awis? sayangnya hari selasa aku nggak bisa hiks
hari senin dateng nggak Af?

ohh..gk mau dipanggil roustaku nih? baiklah…😛

saya ta’ sombong rousta… ntar klo sayyah blg ke kamu klo sayyah mo nginep ntar kamu histeris lagi…hahaha

yups, mau kajian brg awis n maunya brg kamu jg insyaAllah..tp dirimu masih magang yah..yasud..ta’ apa

insyaAllah senin aja yah😉

9. shavaat - Agustus 17, 2008

Pertama ke sini juga ta’ pikir blognya penulis terkenal itu…
Tak apalah, sama2 menulisnya…

: )

10. qanaahsholihah - Agustus 17, 2008

Ada 1 e-mail di inb0x! cek aja ya:)

ka..udah aku cek.. tp nda ada emailnya…apa blm nyampe ya? masih nyangkut dmn gt?😉

11. yodama - Agustus 18, 2008

Sy br tau ada penulis Afifah Afra gara2 blog ini.
*loh!?*

Di-imel aja mbak Afifah Afra-nya, dy suruh buat blog. Jd, link blogY bs diganti dg punyanya dy.
Btw, statistik blognya jd meningkat niy.😆

emailnya mbak afifah afra apa ya? jgn2 ktuker pula dgn email saya?😀

12. ariefdj™ - Agustus 18, 2008

Hehe.. Btw, aq justru tau ada penulis yang bernama Afifah Afra.. Fra, aq ketemu weBLOG ini dari googling koq, pake keyword ‘diary hujan’, dan hasilnya ya BLOGmu ini..🙂 ..

ha? serius pak? pak arief nih bener2 pecinta hujan juga rupanya : )
alhamdulillah bapak beruntung menemukan blog ini..hehehe *narsis mode is on*:mrgreen:

13. abuhuwaidah - Agustus 19, 2008

afifah afra – afra afifah …
masih sama artinya gak ya kalo dibolak balik gitu …🙄

beda kyknya pak : )

14. aboezaid - Agustus 19, 2008

heemmm..
aq qirain isinya ttg apaan mbak2…🙂

gini ajah, namanya di gabungin ajah…
jd “afra afifah afra”… hehe…kan keren tuh…🙂

nama yg aneh🙄

15. aboezaid - Agustus 19, 2008

eh, btw temen afra yg katanya kuliah di unpad, dah ketemu/hubungi akhwat2 Salafy di unpad?btw afra dah ana kasih blum no kontak akhwat PJ akhwat di unpad waktu itu?email qu dh masuk blum?

iya sudah masuk akh..jazakallah khairan.. ana dah kasi ke tmn2 ana yg br masuk unpad, mmm tp gk th mrk udh menghub. CP akhowat unpad/ belum..wallahu a’lam…

oya, klo di unpad jatinangor tuh kajianx di masjid IPDN (tiap slasa ba’da ashar & jum’at ba’da ashar)
klo unpad bandung, kajian terdekat di masjid daarudakwah (deket kmpus ITB)

oya, insya allah di jatinangor romadhon ini mo ngadain dauroh tgl 1-7 september
juga 10 september mo bikin kajian spesial menyambut MaBa 08..insya allah
tunggu info lengkapnya di blog ana ya.

ok… barakallahufiik..

16. Sausan - Agustus 21, 2008

Tapi nama kita berlima aja ditentuin berdua sama Mama-Papa? Malah si Bojes dikasih nama sama Ibunda… => Bwakakakak!

san..kk gk ngerti..maxudnye apa?🙄

17. yuda harja - Agustus 23, 2008

he..he..he… ternyata beda orang ya😀

iya ^^

18. agoezi - Agustus 25, 2008

Assalamu’alaykum mbak afra…
Wah…wah…nasib mbak afra jadi orang terkenal ya,he13x…
Semoga walaupun terkenal tetep rendah hati dan menjaga diri🙂
SEMANGAT

wa’alaikumussalam warohmatullah…

hehe..cuma numpang terkenal koq dik agus… : )

19. ila rizky nidiana - September 2, 2008

hehe.. ternyata… baru tau saya,😀

waduh..maaf yah klo gt:mrgreen:

20. achfaisol - September 3, 2008

terima kasih sharing info/ilmunya…
saya membuat tulisan tentang “Mengapa Pahala Tidak Berbentuk Harta Saja, Ya?”
silakan berkunjung ke:

http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/08/mengapa-pahala-tidak-berbentuk-harta.html

salam,
achmad faisol
http://achmadfaisol.blogspot.com/

: )

21. penamedan - September 4, 2008

waduh, kami baru tau nih mbak…
tapi, nggak papa kok, ntar blogrollnya diganti jadi afra afifah..
toh, blognya keren…isinya inspiratif!
bukan soal siapa yang nulis, tapi apa yang ditulis…
afwan jiddan atas kekhilafan ini

oya, kalo berkenan, masukin juga dong blog kami ke blogrollnya mbak Afra🙂

waduh.. saya masih di link juga? jd malu saya..
gk enak nih..saya kan belum jd penulis..hiks…

insyaAllah nanti saya link yaa..

22. ghaniarasyid™ - September 6, 2008

aduh…
namanya banyak dipake memang!
Hee:mrgreen:

tapi ndak ada salahnya kalo ukhti numpang terkenal juga😀

gk mau numpang terkenal doang ah..😀

maunya yg plg byk memberikan manfaat untuk org lain..itu baru seru~! : )

23. iva - September 24, 2008

nama anak saya juga afra.. tapi cowok..
Muhammad Ryszard Afra Maritza

waduh..mau knalan dong sama afra:mrgreen:

artinya apa bunda?

24. ikrar - Oktober 27, 2008

nama saya juga ikrar muhammad bukan muhammad ikrar😆

makasih ya mbak atas doannya..

sama-sama..

25. iva - November 2, 2008

Muhammad Ryszard Afra Maritza
Pemimpin yang bersih dan selalu mendapat berkah dari Allah
Amien..

subhanallah : ) indah sekali namanya bunda…

26. hik_mah - November 10, 2008

fra ima klo punya anak perempuan ntar di kasih nama Afra Atifah ……. (hehehe yang titik2 ntu nama ayahnya hehehe) koq jadi mirip nama afra yah??? :p

27. elka rauzan - Desember 26, 2008

We..e gue nih sebenarnya mau nyari web nya boz gue. E malah nemuin mbak apra yang laen… Hehehe.
Kebetulan neh yahh. Gue ni salah seorang yang ‘deket’ banget ma mbak Afifah Afra yang satunya.
Secara, karena gue tuh… anak buahnye.
Nyang bikinin idex tertuang ke dalam buku.
Alias tukang leot buku. kikikikk…
Maybe someday, gue bakal nemuin kamu ma boz gue. kayaks reunian… perjamuan malaikat apa perjamuan bidadari.
hehehe
but aniwe… secara luh, gue respek…
Give a big smile Frend!

gue… Rauzan

28. arif - Desember 27, 2008

waw…
gw salah ya…
emang yang pernah ketemu aku mba afifah afra penulis. Kirain ini juga punyanya dia..tapi ga papa. Salam kenal ya mba. Panggilannya siapa nih(buat mbedain)
blognya keren..

29. ararara - Mei 25, 2009

Assalamu’alaikum mba.
salam kenal, saya zesyara.
mau tanya tanya tentang forum komunikasi kajian islam di ui.
saya adalah calon maba ui, insyaAllah.
wassalamu’alaikum

wa’alaykumussalam zesyara😉
oh iya, sok atuh..silahkan tanya : ) mau nanya apa?
oia, dterima dfakultas apa dik?

Zesyara Melati Auzriani Ghaniyya - Mei 26, 2009

fakultas teknik mba, teknik elektro.
bagaimana saya bisa bergabung?
katanya suka diisi ustad abdulhakim ya mba?

oh engga, bukan ust abdul hakim..ust hakim mah dulu….skrg ust ibnu ^^
tinggal dtg aja stiap ada kajian dek😉

30. laila - Januari 20, 2010

asslamu’alaikum…
salam kenal mb afifah..
mb sy tertarik dgn dunia menulis,tlng bgi tips2 bgmn spya tulisan itu mdah di mengerti yg membaca.
sukron.

wa’alaikumussalam : )
hmmm bagaimana ya..sy cuma bs blg…just be your self ajah😀 *nyambung ga ya kira2* hehe:mrgreen:


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: