jump to navigation

Afra Afifah, Bukan Afifah Afra~! Agustus 15, 2008

Posted by Afra Afifah in Lembar Kehidupan.
31 comments

Nama saya Afra Afifah, memang, mirip sekali dengan cerpenis terkenal yang bernama Afifah Afra, yang merupakan nama pena dari Mba Yeni Mulati. Gawat, gara-gara kemiripan nama, saya jadi ikut-ikutan terkenal nih…hehehe…

Bahkan, sering kali saya ditanya tentang tips menulis yang baik *waduh…* nulis syair sih oke, tapi kalau nulis cerpen dan novel, engga deh…

Awalnya bermula ketika saya pertama kali membuat alamat email. Dengan alamat : afraafifah@telkom.net (entah masih aktif atau sudah kadaluarsa, karena sudah lama sekali gak saya buka). Saat itu, saya masih SMP. Saya pun kaget, banyak email yang masuk ke saya dan mengira saya ini sang penulis terkenal itu 😀 *padahal masih anak SMP* dan sudah dipanggil “mba”. Belum lagi ketika SMA, kejadian yang masih saya ingat sampai sekarang. Waktu itu, saya bertugas menjual buku-buku di bazaar acara Rohis SMAN 78, nah..karena buku-buku yang dijual, banyak buku-bukunya Afifah Afra. Salah satu teman sekelas saya yang bernama Gunar mengira sayalah yang menulis buku itu. Kira-kira bgini ucapannya : “Fra, lo nulis buku ya? Gilaaa keren banget lo!”. “Eh? Eh..? Duh..bukan Gunar, bukan Afra yang nulis…bukan koq…afra belum nulis buku…” jawabku. Lalu apa reaksinya? DIA TETAP GAK PERCAYA saudara-saudara!. “Jangan bohong lu fra..! elo kan yang nulis tu buku!” “Loh? Eh? Yee masih gak percaya lagi..beneran..bukan Afra yang nulis” (cape deh)…

Serta masih banyak lagi kisah serupa dan sampai sekarang, yang membuat saya heran, kenapa masih ada juga yang mengira saya itu Afifah Afra?. Saya tegaskan disini ya, saya bukan Afifah Afra. Saya ini Afra Afifah. Alhamdulillah nama ini nama asli pemberian dari kedua orang tua saya. Bukan nama pena (koq nama pena ya? Stau saya yang ada, nama kun-yah…hehe). Afra ngikutin Mbak Yeni..? Loh…siapa yang ngikutin 😀 Nama saya ini kan sudah saya sandang hampir 20 tahun lamanya. Jadi? Siapa duluan yang mempunyai nama ini hayo?

Ada juga kisah lucu-paling tidak mnurut saya-. Saat itu, ketika sedang menghadiri acara pesta pernikahan salah satu teman saya. Saya bertemu dengan seorang ibu yang sepertinya sedang hamil besar. Beliau duduk disamping saya. Lagi asiknya mengobrol, tiba-tiba Ibu itu bilang :”kalau anak saya nanti lahir, saya ingin memberikannya nama Afra Afifah”. “Haaaaaaaaaaaaahhhh?? Sontak saya kaget dan tertawa. Loh bu, nama saya juga Afra Afifah…, jawab saya. Ibu itu pun kaget kemudian tertawa.

Lantas, yang membuat saya semakin ingin menulis tentang nama saya ini adalah : barusan saya melihat, siapa-siapa saja yang mengunjungi Diary Hujan ini. Lalu ada sebuah URL yang membuat saya ingin meng-kliknya. Ketika saya buka URL tersebut, oh…ternyata blog FLP Sumatera Utara. Kemudian, saya melihat daftar link disana. Dibagian : “silahkan mengunjungi”. Disitu ada daftar penulis-penulis terkenal FLP, seperti Mba Helvy Tiana Rosa, Mba Asma Nadia, dan Afifah Afra. Tapiii, yang membuat saya terkejut adalah…ketika saya mengklik Url Afifah Afra itu. Loh itu kan alamat blog saya!!!. Wah…gawat nih gawat… bisa ikut-ikutan tenar nih saya… hehehe

Maaf ya bagi para “penggemar”nya Mba Yeni, bukan maksud saya untuk mengelabui anda-anda semua. Tapi apalah daya, Afra Afifah memang nama asli saya. Semoga pada gak salah lagi yaa… atau, smoga aja puisi-puisi saya ada yang berminat untuk dibukukan? (yaaaa kali aja ada penerbit yang mau menerbitkan huehehehe…). Atau do’akan saya saja, smoga suatu saat nanti bisa membuat buku yang bermanfaat buat ummat. Amiin…