jump to navigation

Bandungku Sayang… Agustus 14, 2008

Posted by Afra Afifah in Lembar Kehidupan.
Tags:
trackback

Bandung. Entah kenapa kalau kota ini disebut membuat hatiku menjadi gak karuan. Sedih, senang, rindu, kecewa…campur aduk menjadi satu. Pertengahan juli lalu, tante saya menyuruh saya dan adik-adik untuk pergi jalan-jalan ke Bandung. Ya Allah… benar-benar ini cobaan bagi saya.

ITB

Ya, Benar-benar cobaan. Di satu sisi, dari dulu, saya memang ingin sekali ke Bandung dengan naik kereta atau kendaraan umum, serta bisa mengunjungi tempat-tempat yang dari dulu ingin saya kunjungi. Sambil berwisata kuliner, mngunjungi sahabat-sahabat saya yang kuliah di Bandung dan Jatinangor. Dan kesemuanya itu sudah akan difasilitasi oleh tante saya yang baik hati. Dari ongkos transport, uang menginap, uang makan, jalan-jalan, sampai uang belanja. Tapi disisi lain, saya tidak bisa. Tidak bisa saya melakukan itu smua meski rasanya ingin sekali. Ya, ingin sekali…. Takut pergi tanpa ortu menyertai..? Engga! Gak sama sekali… Kalau mau, saya juga ingin pergi mengunjungi kampung halaman sahabat saya, rousta, di Madiun. Atau pergi bersama Awis ke Jogja. Tapi saya tidak bisa. Bagi saya ujian ini cukup berat. Dunia memang ladang ujian dan cobaan ya, Bahkan dengan kesenangan pun kita di uji. Tepat sekali! Kali ini saya diuji dengan kesenangan yang selama ini saya inginkan😦

Kampung Daun

 

Hari itu, sempat terjadi “tragedy”. Karena “gara-gara” saya, rencana ke Bandung dibatalkan. Karena kalau saya tidak ikut, otomatis adik-adik saya juga tidak bisa ikut, karena mereka tidak punya kawan di Bandung. Dan smuanya pun menyalahkan saya. Bodoh, atau apalah..terserah.. orang lain mau bilang apa, saya hanya ingin meyakini apa yang seharusnya saya yakini. Saya lemah atau apalah..juga terserah, karena memang sulit bagi saya. Untuk memutuskan pergi atau tidak. Sulit karena saya harus melepas keinginan yang saya impikan selama ini. Apalagi, disaat-saat seperti itu, saya malah melihat acara-acara di tv yang menyiarkan acara liburan di Bandung.😥😥😥 Ketika itu, saya merasa gak ada seorang pun yang bisa mengerti saya. Namun tak mengapa, karena ada yang lebih penting dari itu smua, sesungguhnya DIA tau apa yang saya rasakan, ya, hanya Allah yang paling tau. Biarlah Allah sebagai hakim yang seadil-adilnya. Dan suatu saat nanti, dengan izin-Nya, saya akan ke Bandung, dengan perasaan senang, bukan dengan perasaan bersalah! InsyaAllah. Allah Maha Mengetahui yang terbaik fra… Smangat lagi!!!

 

” boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu

dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu.

Allah Mengetahui sedang kamu tidak mengetahuinya “

[ Al-Baqarah : 216 ]

 

Kawah Putih, Bandung Selatan

Komentar»

1. mahfuzhoh - Agustus 14, 2008

kalo blh tau, apa tuch yg menghalanginya fra ??? Kenapa ???

silahkan klik link yang ada ditulisan afra itu ya ukhty😉 alasannya ada disitu..

2. ariefdj™ - Agustus 14, 2008

..wah.. kawah putih-nya gunung patuha ya fra ?… emmm.. gak enak kesana kalo hari libur.. terlalu crowded..

gunung patuha? wah sy gk tau tuh pak…emangnya namanya gunung patuha ya…?
hmm kyknya disana mmg ramai sekali ya.. pemandangannya itu loh…subhanallah..*meski br liat dr foto sj*

pak arief pernah kesana ya..?

itu airnya belerang smua kan ya?

3. abuhuwaidah - Agustus 14, 2008

waman yuthi’i allaaha waalrrasuula faulaa-ika ma’a alladziina an’ama allaahu ‘alayhim mina alnnabiyyiina waalshshiddiiqiina waalsysyuhadaa-i waalshshaalihiina wahasuna ulaa-ika rafiiqaan (an nisaa’ – 69)
tetap semangat bulik…😉

Dan barang siapa yang menaati Allah dan Rasul (Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang shaleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.”
[Surah Anisa ayat : 69]

jazakallahu khairan yaa abu huwaidah

4. dida ur sister - Agustus 14, 2008

konsisten,, itu saja!

konsisten = istiqomah

insyaAllah..doain ya..smg kk tetap istiqomah.. bgitu pula dgn dirimu de..

5. sangpembelajar - Agustus 14, 2008

wah si Afa liburan mulu nih…..
um….
Safar y….
iya sih…

iya nih ^_^

alhamdulillah…

iya safar ka : )

6. agungfirmansyah - Agustus 15, 2008

assalamualaikum wr wb

wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh…

Kenapa kok pingin bgt ke Bandung?

krn spt ada ‘magnet’ dr Bandung yg membuat sy ingin kembali kesana..

Saya baca artikel di blognya Ust. Abu Annisa. Tapi sejauh saya baca, tidak ada batasas safar dalam aspek jarak. Berapa jaraknya sampai akhwat harus ditemani mahromnya? Apakah sama dengan jarak ketika seseorang diperbolehkan menjamak sholatnya?

Saya juga bertanya kepada Ust Abu Annisa:
Sebenarnya yang lebih tepat itu “Larangan Wanita Bepergian Tanpa Mahrom” atau “Kewajiban Laki-laki untuk menemani muhrimnya kala bepergian”?

Apa ente tau jawabannya?
Terimakasih.

~juga sedang mencari pendapat yang lain ttg hal ini. Karena permasalahan ini ada di sekitar kita (baca: mahasiswa).

mslh safar jg bgantung pd urf (kebiasaan) masyarakatnya…

wallahu a’lam…ahsan tanyakan langsung ke ustad…

jika mau, akan saya berikan nomer salah satu ustad yg sy kenal… gmn?

7. agungfirmansyah - Agustus 15, 2008

Sabar saja ya Uni😀 .
Sabar bukan pasrah pada keadaan. Tapi sabar adalah suatu kebulatan tekad.

~itu kata Ust. Abbas Assisy, bukan kata saya.🙂

insyaAllah…smg sy bs slalu bersabar…

jazakallahu khairan…

8. fefenatief - Agustus 15, 2008

oneday fra… ^_^”

yap, one day, i’ll…inshaAllah ^_^

9. awisawisan - Agustus 15, 2008

assalaamu’alaykum..
huik2,,
rustam yg crita niy k ws..
sabar ya buk..
“sesungguhnya jgn smpai ada batasan utk sabar.sabar lah dgn seluas2nya sabar..”
kal0 ini,kata2 sapa ya?

wa’alaykumussalam warohmatullah…

jazakillah khairan awisku sayang ^_^

10. Sausan - Agustus 16, 2008

Jadi………

jadiii… ke bandungnya ntar brg kluarga aja san😀

11. qanaahsholihah - Agustus 16, 2008

Asslmkum. [edit : assalamu’alaikum]

Afra pkbr?:)snang mendengar ceritanya

Wa’alaikumussalam warohmatullah kk… (*aku panggil kk yah..meski aku blm tau umur kk brp😀 )

kbr afra baik alhamdulillah : ) kk sndiri gmn kbrnya?😉

12. fiqihsantoso - Agustus 17, 2008

Waduh…bener-bener terobsesi ma Bandung nih ibu. Alhamdulillah aye tiap hari di Bandung, emang lebih enakeun sih di bandung Jakarta dan Bekasi. FYI, sekarang Bandung udah rada panas, kawasan Bandung Utara yang harusnya jadi hutan lindung sekarang banyak jadi lahan komersil.
Tapi Fra, kalau di lihat bahwa Afra sering banyak menikmati jalan2, wisata kuliner, dll memang belum cukup yah? Mending kalau main ke Bandung coba telusuri kehidupan jalanannya, beri mereka pencerahan yang berarti…sepertinya seperti itu bisa lebih dapat hikmah di banding wisata kuliner, wisata belanja, dll…

hmm…spt ada yg kurang kalau blm ke bandung..krn tujuan saya mmg ingin kesana..tp qadarullah blm bs..ya nda apa2 jg si..

usul yg bagus akh : ) barokallah..

13. umybilqis - Agustus 18, 2008

emang menjaga akidah itu yang paling sulit….

benar ukhty..smg qta senantiasa di istiqomahkan di jalan-Nya yang Haq..

14. agungfirmansyah - Agustus 19, 2008

Wah, no Ustad, boleh tuh Uni.
Kalau no beliau sifatnya privat, silakan kirim ke email saya saja: agung_ahaa@yahoo.com/ilalang.al.haidar@gmail.com/agungfirmansyah@ukhuwah.or.id (sekalian pamer kalau email saya banyak😀 -> email gratis dipamerin).

Oh iya, kalau beliau familiar dg email, saya juga minta email nya ya, kalau Uni tau. Sementara ini. buat saya jauh lebih mudah kirim email dari pada telpon.

Terimakasih, maaf bgt dah merepotkan.

insyaAllah sy kirim no bliau by email aja ya..sptnya blm familiar dgn email..wallahu a’lam..

15. aboezaid - Agustus 19, 2008

eh, mbak…ayeuna mah bandung macet pisan euy..

iyah….krn jalanannya sempit gt ya, kyk jalanan di bogor..

apalagi musim Mahasiswa baru kyk skarng…
skrg Bandung ku sumpek… jatinangor lebih sumpek..macet banget….
panas…😦

jati nangor emg panas buanget… eh, masa jt nangor sumpek? bukannya jt nangor agak sepi gt ya daerahnya?

walo kyk gtu, bandung & jatinangor tetap di hati… hehe…

16. aboezaid - Agustus 19, 2008

bukan jalanx sempit, tp lalu lintas amburadul Fra..angkot banyak banget (ya kyk bogor gtu)…

mmm gt… mungkin waktu ke jatinangor dulu sy krg memperhatikan jalan..

jatinangor klo siang panas banget skrg (tp klo kamar kosan ku ttp dingin kok *pamer2,hehe)
walo panas air di jatinangor ttp dingin n seger fra..cobain deh air di jatinangor..
klo malam dingin banget skrg (smpe2 ad ikhwan sekosan -MaBa 08- sakit gara2 kedinginan)

bukannya di bandung n jatinangor airnya mmg dingin ya..? klo sy dgr dr spupu saya sih..byk mhsiswa sana yg mandi cuma sekali sehari gara2 airnya yg sangat dingin.. benarkah bgitu..?🙄

btw dah pernah ke jatinangor blom Fra? alamnya indah loh Fra…ada Gunung Geulis di timur Unpad, Gunung manglayang di utara Unpad… dan yg paling asyik tuh klo maen di Bumi Perkemahan Kiara payung di jatinangor (masya allah pemandanganx indah banget)

iyah..alhamdulillah sy dah pernah ke jatinangor.. berkunjung ke rumah sahabat dekat saya..rumahnya di perumahan hegarmanah, jatinangor. Dan jalan mnuju ksana sptnya emg mirip jalanan di puncak gt…

mudah2an suatu saat nanti bs berkunjung lg kerumah sahabat tercinta sy itu…sambil berwisata jg tentunya.. amiin..

duh…jatinangor ku… jd ga pengen pulang ke solo nih.. hehe

17. ghaniarasyid™ - Agustus 25, 2008

hmm…
kok komen-komennya banyak yang membahas masalah safar (bepergian jauh) sih🙄
Bukankah hadits Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam tentang safar (bepergian jauh) adalah hadits shahih, dan menjadi kewajiban bagi setiap akhwat untuk ditemani mahromnya apabila keluar rumah?😕
Itu sebuah hadits shahih yang sudah tak perlu dipertanyakan karena udah sangat jelas…

btw, saya kok lebih tertarik dengan fotografinya ya?:mrgreen:
pake kamera apa tho? pasti SLR🙄
trus pake efek di photoshop juga?

emang ini dr tulisan sy ini membahas safar koq akh😉
iya akh…barakallahufiik… tp pd dasarnya, gk smua org bs mlakukan smua syari’at-Nya kan yah..
ada yang mudah bagi sbagian mrk, ada pula yang sulit dilakukan… smua butuh proses…
dan smoga Allah senantiasa memudahkan qt smua untuk melaksanakan syari’at-Nya yang dirasa sulit..

Foto-foto di Diary Hujan saya upload dr hasil jepretan sy sendiri…tp ada jg yg saya ambil dr internet akh.. nah klo yg postingan “bandungku sayang”kali ini saya ambil dari http://www.deviantart.com

18. Fikri - September 29, 2008

huff…moga cpet dapet “temen safar” deh…xixixi ;P

19. adik hujan :( - Juni 14, 2009

aku mau nangis gara-gara baca ini….😥 .. 😥 ..😥 ..

kemarin wisuda sekolah di Bandung, diwajibkan ikut, bayar 250ribu juga..
masyaa Allah.. astagfirullah… diwajibkan untuk bermaksiat dan bayar… dan aku kalah ya Allah, ampunilah aku ya Robb, teguhkanlah aku di atas manhaj yang haq ini…😥
aku inget banget ucapan abangku sebelum aku pergi
“Tidak ada ketaatan dalam kemaksiatan”😥 cry: cry:

ishbir ya ukhty …

20. adik hujan :( - Juni 14, 2009

alhamdulillah…
semakin aku berjalan menempuh manhaj ini, semakin aku yakin aku tak akan kembali ke belakang
bismillah…
Syukron k, kemarin aku comment dimanaa gitu tentang curhat ada TA, tidak perlu dijawab…
insya Allah… takkan lagi tergoyahkan…🙂
ALLAHU AKBAR!!!

aamiin…insyaALLAH😉 smangat2😉

21. Keliling Bandung~! « Diary Hujan ™ - Oktober 9, 2010

[…] tahun yang lalu? ketika saya rindu sekali ingin berkunjung ke bandung? kalau lupa, selamat membaca “Bandungku Sayang” yang saya tulis 2 tahun lalu […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: