jump to navigation

Dalam Doaku Juni 30, 2008

Posted by Afra Afifah in Sang Pujangga.
Tags:
trackback

Dalam doaku subuh ini kau menjelma langit yang
semalaman tak memejamkan mata, yang meluas bening
siap menerima cahaya pertama, yang melengkung hening
karena akan menerima suara-suara…

Ketika matahari mengambang tenang di atas kepala,
dalam doaku kau menjelma pucuk-pucuk cemara yang
hijau senantiasa, yang tak henti-hentinya
mengajukan pertanyaan muskil kepada angin
yang mendesau entah dari mana…

Dalam doaku sore ini kau menjelma seekor burung
gereja yang mengibas-ibaskan bulunya dalam gerimis,
yang hinggap di ranting dan menggugurkan bulu-bulu
bunga jambu, yang tiba-tiba gelisah dan
terbang lalu hinggap di dahan mangga itu…

Maghrib ini dalam doaku kau menjelma angin yang
turun sangat perlahan dari nun di sana, bersijingkat
di jalan dan menyentuh-nyentuhkan pipi dan bibirnya
di rambut, dahi, dan bulu-bulu mataku…

Dalam doa malamku kau menjelma denyut jantungku,
yang dengan sabar bersitahan terhadap rasa sakit
yang entah batasnya, yang setia mengusut rahasia
demi rahasia, yang tak putus-putusnya bernyanyi
bagi kehidupanku…

Aku mencintaimu…
Itu sebabnya aku takkan pernah selesai mendoakan
keselamatanmu…

~*Sapardi Djoko Damono*~

[ Kumpulan Sajak “Hujan Bulan Juni”, 1989 ]

Komentar»

1. nadiYYah - Juni 30, 2008

bu, punya bukunya yah? huhu asiknyaa,, minta yah seneng deh banyak puisi disini hihi ;D

hiks😥 engga koq… gk punya… aku udah nyari-nyari di berbagai toko buku yg ada di jakarta dan depok.. tapi buku itu belum juga kudapat😥 hiks hiks hiks… pengeeeeen bangeeett…

abis buku cetakan lama sih dil… itu pak zul http://www.zulmasri.wordpress.com katanya mau ngasi aku klo punya dua buku “hujan bulan juni”. tapi sayangnya blio hanya pny1:mrgreen: hihihi…yowesla… kapan yah buku itu bisa kudapat…😀

2. nadiYYah - Juni 30, 2008

eh lupa ijin copas ;D

sok atuh…:mrgreen:

3. sukem06 - Juni 30, 2008

pertamax lagieh..🙂

hmm., memang TOP BGT puisi2 SDD..
berarti, dalam doa kita, pasti ada cinta!

*yang berusaha untuk dapat mencintai seluruh saudara2 seiman di bumi Allah bagian manapun..

premium lagih:mrgreen:

iya emang TOP BGT..satuju:mrgreen:

iya insyaALLAH… kita berdoa karena ada cinta.. mencintai-Nya, mencintai diri kita, dan mencintai orang-orang yang kita cintai… subhanallah..

4. musafir kecil - Juni 30, 2008

*menunggu seseorang yang kan mendo’akanku seperti itu*

smg dimudahkan…

5. sukem06 - Juni 30, 2008

arrgghh… curang nih..
seinget saya waktu itu, masih belum ada komen koq..

*ga jadi 2-1 deh..

:mrgreen::mrgreen::mrgreen:

6. Menik - Juni 30, 2008

uuuhhh….

so switttt😛

swit…swit… hihihihi ^_^

7. Sadat ar Rayyan - Juni 30, 2008

Bingung komentar apa🙂
ngomentarin pic-nya aja : kayaknya pernah tampil di Diary Hujan bebrapa waktu yang lalu…😀

iya, memang pernah koq akh…
soalnya gambar ini gambar yang paling cocok untuk puisi tsb…makanya saya tampilkan lagi..

8. anditasb - Juni 30, 2008

buku itu saya dapat secara gak sengaja di kwitang tahun 2004, trus juga dapat kumpulan buku yang isinya puisi-puisi dari beberapa penulis di kwitang juga. yang saya punya terbitan tahun 1988, kertasnya kuning, pake font kayak mesin ketik gitu… tapi asli keren…

hmm b’arti nyarinya mesti di kwitang yah😥

9. silent reverie - Juni 30, 2008

so touchy…

Lam kenal balik…🙂

ya😉

10. awisawisan - Juni 30, 2008

assalaamu’alaykum….
afif…

ini okeh banget…
beneran dah…

wa’alaikumussalam warohmatullah…
namaku afifah..bukan awis ya banana fajar wati:mrgreen:😛
iya dong oke..siapa duluu pak sapardii…😀
wis, mau dong buku hujan bulan juni punya mama mu ituh:mrgreen:

11. adityahadi - Juni 30, 2008

Afra, afra, ana kurang ngerti puisi c, tp Mbah sapardi something itu siapa c?? bisa minta penjelasannya, hehe …

n atu lg, mampir2 k blog ana ya, yg adityahadi.wordpress.com ajah, biar banyak commentnya, kriik … kriik …

mbah sapardi teh guru besar FIB UI. penulis puisi legendaris *halah bahasanya*
klo masi bingung juga, tanyakanlah ke mbah gugel:mrgreen:
eh yaa…perasaan ana udh pernah berkunjung n ngisi komen deh dit..
emg belum ya? oh, masi kurang komennya? hehehe..

12. SiMunGiL - Juli 1, 2008

aahh aku juga suka sekali hujan. dapet darimanakah gambar2 dramatik yang kau post disini? Aku suka sekali!

Terimakasih sudah berkunjung di ‘rumahku’🙂
seringsering mampirnya…

ck..ck..Sapardi pula isinya…

silakan coba juga mampir liat di koleksi ku yah
http://www.meditasidiri.blogspot.com
🙂

saya dapat dari http://www.photobucket.com
sama-sama pencinta puisi ya? ^_^

13. nadiYYah - Juli 1, 2008

eh fra, disini ngomongin bensin mlu yah :)) ((: eh fra,, kacian ma icon nangisnya bcucuran aermata gituh huhuhu

iya nih😥

14. nadiYYah - Juli 1, 2008

fra aku baru mrhatiin icon ituh hihihi. jadi seneng ;p

icon yg mana dillah ?

15. awisawisan - Juli 1, 2008

apah? tetep afif ajah, ya…
panggilan sayang…😀

gak mau😦 masa afif panggilan sayang sih wiissss…
afif kan nama ikhwannnn😦

16. ariefdj - Juli 2, 2008

…………
Aku mencintaimu…
Itu sebabnya aku takkan pernah selesai mendoakan
keselamatanmu…

..wah, berarti belum sampe “amien” yak ?…eh, apa maksudnya Kang Sapardi itu do’a yang terus berkelanjutan ?..

iya..mnurut saya doa itu adalah doa yang terus berkelanjutan untuk orang yang dicinta..

17. fefe - Juli 3, 2008

ummm kmaren tuh rahma beli apa y fra kykny buku tuh deh ummm coba tny deh ummmm

hayoo beli buku apaaa ?:mrgreen:

18. awisawisan - Juli 5, 2008

endak nama ikhwan tau
kan nama lengkapnya afifawati,,
jadinya nama akhwat deh…

buku mama, bilang sndiri, noh…
ehe…

afifawati? *lol*
dudul kamu wis😛

to mamah awis : tante…tante…pinjem bukunya pak sapardi yg hujan bulan juni dong:mrgreen:

19. fuadafif_78 - Juli 6, 2008

subhanallah…pasti orang yang dimaksud orang yg “very precoius for u”

betapa beruntungnya yach orang itu

mmm.. puisi ini kan buatan pak sapardi ad, bukan buatan ane.. 🙄
jadi yang fuad maxud “very precious” itu apa ya..? hmm..atau siapa?🙄

20. wishnu deh - Juli 8, 2008

hujan bulan juni?1989 y mbk??wah…dlm rgka klahiran saia nih…hahaha,puisi yg mengntar lahirnya seorang bayi lutju…we…narss beuh,😀 damae lho mbak,haha

ckckck… ni anak… narsis sekali ya..🙄

21. shavaat - Juli 9, 2008

Aku mencintaimu…
Itu sebabnya aku takkan pernah selesai mendoakan
keselamatanmu…

memang jago ini profesor..
*geleng-geleng, kagum*

saya juga terkagum-kagum..

22. rahma - Juli 25, 2008

kalu dukanu abadi punya ga fra???
mau pinjem dong,,,

bukunya..? duh,…nda punya jg ni bu…
tapi kyknya itu tmasuk buku terbarunya pak sapardi… aku coba cari deh..

23. rahma - Juli 25, 2008

tuh… rgggggghhhh
salah ketik lagi kan… bete deh

huehehehhehe..sabar buuuuu😛

24. arifrahmanlubis - Oktober 28, 2008

assalamualaikum wr wb

izin ngopy paste puisi pak sapardi dari web antum. syukron🙂

Wa’alaykumussalam Warohmatullah Wabarokatuh…

ehm..pengantin baru : ) silahkan… buat istrinya ya..hehe… barakallahufiikum..

25. flo - September 9, 2009

subhanalah bagus banget puisinya..boleh copy ya..biar bisa dibaca tiapa hari mba afra..salam kenal

silahkan : ) salam kenal kembali ^^


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: